ANALISIS NILAI PENDIDIKAN DALAM CERPEN “MEREKA BILANG SAYA MONYET” KARYA DJAENAR MAESA AYU

Lisa Lisa, Ryka Azzahra, Riska Br Sembiring

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai pendidikan yang terdapat dalam cerpen Mereka Bilang, Saya Monyet. Didalam kajian teori pada penelitian ini yaitu mencakup nilai-nilai edukasi atau juga disebut dengan nilai pendidikan yang terdapat didalam cerpen Mereka Bilang, Saya Monyet. Nilai pendidikan pada cerpen tersebut yaitu Mereka Bilang, Saya Monyet terdiri dari nilai moral, nilai budaya, nilai pendidikan, nilai cerpen. Nilai moral yang terdapat dalam cerpen “Mereka Bilang Saya Monyet” adalah walaupun sudah dikata-katain ataupun sudah menjadi bahan bully an orang, tetapi sifat sopan santun dan baik hati masik kuat, dan ia selalu berpikir positif dan tidak mau membalas dendam tentang apa ynag sudah dilakukan orang terhadap dirinya. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dimana segala usaha yng dilakukan oleh peneliti menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang akan atau sedang diteliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data yang kami dapatkan melalui membaca cerpen Mereka Bilang, Saya Monyet.Lalu menganalisis pada cerpen tersebut dimana yang dianalisis yaitu nilai pendidikan yang terdapat dalam cerpen tersebut.


Keywords


Nilai Edukasi; Nilai pendidikan; Nilai Moral; Nilai budaya.

Full Text:

PDF

References


Al Rasyidin dan Wahyuddin Nur Nasution (2011), Teori Belajar Dan Pembelajaran, Medan: Perdana Publishing.

Djamarah, Syaiful bahri (2002), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan.

Mansur, dkk (1981), Metodologi Penelitian, Jakarta: Forum.

Suciatai, dkk (2007), Belajar dan Pembelajaran 2, Jakarta: Universitas Terbuka, Cetakan Ke-17.

Syamsuddin Makmun Abin (2006), Psikologi Kependidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.Elfias, Joharis A.S. 2016.Kompetensi Kognitif Pembelajran Apresiasi Sastra Disekolah Dasar. Malaysia: University Teknologi Malaysia

Nurgiyantoro. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: University Perss

Sistiani Dwi. 2019. Sastra Anak Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter: STKIP Muhammadiyah Pagar Alam.

Simarmata, Mai Yuliastri.2016.Analisis keadaan sosial budaya masyarakat dalam novel perempuan jogja karya Achmad Munif.Pontianak:IKIP PGRI PONTIANAK.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v7i1.11-16

Article Metrics

Abstract view : 2364 times
PDF - 1014 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id