KEMAMPUAN PENGGUNAAN KATA KETERANGAN “YI KOU QI” DAN “YI LIAN” OLEH MAHASISWA/I STBA-PIA SEMESTER IV T.A. 2023-2024
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan mahasiswa/i STBA-PIA Semester IV T.A. 2023-2024 dalam menggunakan kata keterangan “yi kouqi” dan “yi lian” dan menguraikan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian campuran. teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu 36 mahasiswa/i dan menggunakan penelitian dengan teknik Purposive Sampling untuk memilih sampel dengan nilai tertinggi dan nilai terendah masing-masing 5 orang. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan mahasiswa/i semester IV STBA-PIA dalam menggunakan kata keterangan “yi kou qi” dan “yi lian” tergolong tinggi dengan nilai rata-rata 81.11. Dengan nilai tengah (median) adalah 85, nilai yang paling sering muncul (modus) adalah 85, dan standar deviasi 13.37. Diketahui sebanyak 11 mahasiswa/i (30.56%) yang tergolong sangat mampu, 12 mahasiswa/i (33.33%) tergolong mampu, 9 mahasiswa/i (25%) tergolong cukup mampu, 1 mahasiswa/i (2.78%) termasuk kategori tidak mampu, dan terdapat 3 mahasiswa/i (8.33%) yang tergolong kategori sangat tidak mampu. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan mahasiswa/i STBA-PIA adalah faktor motivasi, faktor penyajian formal serta faktor lingkungan (lingkungan formal dan lingkungan informal).
ABSTRACT
The purpose of this study is to determine the ability of STBA-PIA fourth semester students of the academic year 2023-2024 to use the adverbs "Yi Kou Qi" and "Yi Lian" and to describe the factors that influence their ability. This research uses mixed research methods with simple random sampling technique, which total 36 samples. Moreover, this study also applies purpose sampling technique to select samples with the highest score and the lowest score of 5 people each. The results of the data analysis showed that the ability of STBA-PIA fourth semester students in using the adverbs "Yi Kou Qi" and "Yi Lian" is high, with an average score of 81.11. The median value, the most frequently occurring value (mode), and the standard deviation is 85, 85, and 13.37, respectively. The data gives information that 11 students (30.56%) are classified as very capable, 12 students (33.33%) are classified as capable, 9 students (25%) are classified as quite capable, 1 student (2.78%) is in the category of not capable, and there are 3 students (8.33%) who are classified as very unable. Factors that influence the ability of STBA-PIA fourth semester students are motivational factors, formal presentation factors, and environmental factors (formal environment and informal environment).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
_________. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2015. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bao, L.Y. 2012. Eryu Xide Yanjiu Fangfa. Beijing: Yuwen Chuban She.
Cendanawaty. 2015. Kesalahan Penggunaan Kata Keterangan Frekuensi Bahasa Mandarin “Yilian” dan “Lianlian” Pada Mahasiswa Semester 6 STBA-PIA Medan T.A. 2014/2015. Skripsi. Medan: Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia.
Chaer, A. 2015. Psikolinguistik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dewi, A.N. 2021. Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol.21.2.
Du, H.J. 2009. Liuxuesheng Xuexi Hanyu Dongci de Pianwu Fenxi Ji Yuanyin Tanxi, Guangdong: Guangdong Waiyu Waimao Daxue.
Fanny. 2023. Kemampuan Penggunaan Peribahasa Chengyu Berunsur Nama Hewan Oleh Mahasiswa/I STBA-PIA Semester VI T.A 2022/2023. Skripsi. Medan: Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia.
Huang, B.R dan Liao, X.D. 2012. Xiandai Hanyu (Xiace). Beijing: Gao Deng Jiao Yu Chu Ban She.
Jafenia. 2022. Kemampuan Menggunakan Kata Depan “对于”dan “关于” Pada Mahasiswa STBA-PIA Medan Semester IV T.A 2021/2022. Skripsi. Medan: Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia.
Juliansyah, N. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana.
Keraf, G. 1991. Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia untuk Tingkat Pendidikan Menengah. Jakarta: Gramedia Widiasrana Indonesia.
Kridalaksana, dkk. 2008. Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Indonesia: Sintaksis, Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa
Li,D.J dan Cheng,M.Z. 2008. Waiguoren Shiyong Hanyu Yufa. Beijing: Beijing Yuyan Daxue Chuban She.
Lu, F.B. 2003. Dui Hanyu Jiaoxue Shiyong Yufa. Beijing: Beijing Yuyan Daxue.
Miles, M.B., Huberman, A.M. dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Edisi Ketiga. London: Sage Publication Inc.
Moleong, L.J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Natalia. 2019. Kemampuan Penggunaan Kata Keterangan “Yilian” dan “Lianlian” pada Mahasiswa STBA-PIA Semester V T.A 2017/2018. Skripsi. Medan: Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia.
Nie, X.Q dan Li, S.X. 2020. Qingtai Fuci “Yi Kou Qi” de Jufa Yuyi Fenxi. Hebei: Anhui Daxue.
Prilisia. 2021. Kemampuan Penggunaan Kata Keterangan “Xing hao” dan “Hao zai” pada Mahasiswa Tahun Kedua STBA-PIA. Skripsi. Medan: Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia.
Robbins, S. 2015. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Sarmiati, D. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penguasaan Bahasa Kedua bagi Penutur Asing Mahasiswa Asal Thailand di UMSU. Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Sekaran, U dan Bougie, R. 2016. Research Methods For Business: A Skill Building Approach, 7th Edition. New Jersey: Wiley.
Sudijono. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (mixed). Bandung: CV. Alfabeta
________. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.
________. 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
________. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sujarweni, V.W. 2015. Metodologi Penelitian Lengkap Praktis dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suparto. 2003. Tata Bahasa Mandarin itu Mudah. Jakarta: Puspa Swara.
Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.
Trijono, R. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Papas Sinar Sinanti
Wang, F.N. 2009. Zhongji Jieduan Yuenan Liuxuesheng Shiyong Tongyi Dongci de Pianwu Fenxi. Guangxi: Guangxi Minzhu Daxue.
Wedhawati, dkk. 2006. Tata Bahasa Muktahir. Yogyakarta: Kanisius
Yang, J.Z. 2009. 1700 dui Jinyi Ciyu Yongfa Duibi. Beijing: Beijing Yuyan Daxue Chuban She.
Zhao, X. 2002. “Lian, Lian lian, Yi lian” de Yuyi he Jufa Fenxi. Guangdong: Guangdong Jiaoyu Xueyuan.
Zhu, L.Y. 2010. Shiyong Dui Waiyu Hanyu Zhongdian Nandian Ciyu Jiaoxue Cidian. Beijing: Beijing Daxue Chuban She.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i4.793-803
Article Metrics
Abstract view : 9 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id