PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CANVA BERBASIS VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA SDN 200515 PERUMNAS PIJORKOLING

Eva Juliana

Abstract


Memberikan media pembelajaran yang sesuai dengan karakter anak SD dapat meningkatkan minat belajar siswa di SDN 200515 Perumnas Pijorkoling. Penelitian ini fokus pada pentingnya media visual dalam pembelajaran, menggantikan metode ceramah tradisional dengan pendekatan berbasis visual untuk memudahkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi dengan pendekatan kualitatif, dengan objek penelitian adalah siswa di SDN 200515 Perumnas Pijorkoling. Pendekatan kualitatif dalam penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang efektivitas penggunaan media visual dalam konteks pembelajaran di tingkat SD. Observasi menunjukkan bahwa upaya guru menggunakan media aplikasi canva berbasis visual berhasil menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran. Dengan pendekatan ini, guru di SDN 200515 Perumnas Pijorkoling dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Hasil observasi menunjukkan bahwa strategi menggunakan media visual berhasil tidak hanya dalam menarik perhatian siswa tetapi juga memfasilitasi pemahaman mereka terhadap materi pelajaran.


Keywords


Media Pembelajaran Visual, Media Aplikasi Canva, Minat Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arief, S Sadiman. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asnawir & Usman Basyiruddin. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kpolovie, P. J. et al., (2014). “Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude Towards School”. Internasional Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE). 1,73-100.

Raaihani, R. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Infografis (Canva) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem. Skripsi. FKIP UNPAS.

Resmini, dkk,. (2021). “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris”4,(2): 337.

Sanaky, Hujair AH. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insani Press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syafril, & Zen.Z,. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Syamsul Arifin & Adi Kusrianto. (2008). Sukses Menulis Buku Ajar dan Referensi. Surakarta: Grasindo.

Sudjana, Nana. (1989). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Tanjung, R.E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Listrik dan Elektronika. Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika. VoteTEKNIKA, 7(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i2.501-514

Article Metrics

Abstract view : 888 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id