TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM PROSES PENGAJARAN BAHASA INDONESIA PADA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MEDAN

Henny Sitompul

Abstract


Penelitian ini berjudul “Tindak Tutur Direktif Dalam Proses Pengajaran Bahasa Indonesia Pada Guru Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2016-2017” yang mendeskripsikan wujud tindak tutur direktif guru dalam proses pembelajaran bahasa indonesia. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data berupa tidak tutur direktif guru pada saat pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik SBLC (Simak Bebas Libat Cakap). Untuk mendapatkan data yang valid, teknik lanjutan yang dapat sekaligus dilakukan adalah teknik rekam dengan voice recorder atau handycam sebagai alatnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur guru meliputi tindak tutur memerintah/menyuruh, menasehati, meminta, dan memohon. tindak tutur tersenut disampaikan langsung dan tidak langsung dengan berbagai modus. kesantunan tindak tutur direktif guru meliputi kesantunan pragmatik. Penggunaan bahasa Indonesia dalam kegiatan belajar mengajar di kelas merupakan realitas komunikasi yang berlangsung dalam interaksi kelas. Dalam interaksi tersebut, guru selalu menggunakan bahasa Indonesia untuk memperlancar proses menyampaikan maksud. Penggunaan tindak tutur direktif dalam interaksi belajar mengajar merupakan salah satu bentuk penggunaan ragam tindak tutur.        


Keywords


Bahasa, tindak tutur, direktif, komunikasi,mengajar.

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Cahyono, Abdul Syukur. 2005. Kajian Tindak Tutur. Surabaya. Penerbit Usaha Nasional.

Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie. 2008. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka cipta.

Chaer, Abdul. 2006. Sosiolinguistik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djajasudarma, T. Fatimah. 2012. Wacana dan Pragmatik. Bandung: Refika Aditama.

Fried, L.J. 2011. Emotion and motivation regulation strategy use in the middle school classroom. Australian Journal of Teacher Education.Volume 36. [online] diakses dari http//www.ecu. edu.au/egi/viewcontent.egi/article= 1543&context=ajte. 16 Januari 2017.

Gunarwan, Asim. 2005. Pragmatik: Pandangan Mata Burung. Jakarta: Lembaga Bahasa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Purwo, Bambang K. 2009. Pragmatik dan Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Kanisius.

Rahardi, R.K. 2005. Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rohmadi, Muhammad. 2004. Pragmatik Teori dan Analisis. Yogyakarta: Lingkar Media.

Rusminto, Eko Nurlaksana 2009. Analisis Wacana Bahasa Indonesia. Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Rustono. 2009. Pragmatik. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sudaryanto. 2009. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sumarsono. 2009. Sosiolinguistik. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Suyono. 2004. Pragmatik: Dasar-dasar dan Pengajarannya. Malang: Yayasan Asih.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Wijana, I Dewa Putu. 2006. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi Offset.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v5i2.157-165

Article Metrics

Abstract view : 1084 times
PDF - 999 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id