PENERAPAN CRT (CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI DI KELAS VII 4 SMP NEGERI 6 KISARAN

Eka Nur Estetis, Khairun Nisa, Masdawani

Abstract


Peserta didik di SMP Negeri 6 Kisaran yang mangalami kesulitan saat mengerjakan tugas menulis surat pribadi yang temanya terintegrasi dengan kearifan local dari daerah asal suku masing-masing peserta didik. Dalam Implementasinya peneliti menampilkan kompilasi video budaya Sumatera Utara, sesuai dengan wilayah peserta didik sehingga semakin kenal keberagaman daerah sekitar. Culturally Responsive Teaching menginternalisasikan budaya lokal atau kebiasaan setempat kedalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis dan McTaggart. Model  Kemmis dan McTaggart terdiri dari beberapa tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-4 yang berjumlah 22 peserta didik. Penelitian tindakan kelas dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching untuk meningkatkan keterampilan menulis surat pribadi peserta didik kelas VII-4 SMP Negeri 6 Kisaran  dengan hasil sebagai berikut: 1. Meningkatnya keterampilan menulis puisi rakyat dengan menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching peserta didik kelas VII-4 SMP Negeri 6 Kisaran. 2. Pada siklus I diperoleh rata-rata nilai peserta didik  71,00.3. Meningkat kemampuan peserta didik setelah di stimulus dengan video kompilasi budaya Sumatera Utara dengan memperoleh rata-rata 85,50. Dengan kategori baik.

 


Keywords


crt, menulis, Sumatera Utara

Full Text:

PDF

References


Dwijonagoro, Hadi, D. (2023). Nasionalisme Indonesia Dan Keberagaman Budaya Dalam Perspektif Politik. BAKSOOKA: Jurnal Penelitian Ilmu Sejarah, Sosial Dan Budaya, 2(2), 187–196.

Estetis, E. N., Nisa, K., & Masdawani. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Keberagaman Peserta Didik Di Smp Negeri 6 Kisaran. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa & Sastra, 9(1), 48–54.

Inayah, N., Triana, L., & Retnoningrum, D. (2023). Pendekatan Culturally Responsive Teaching Menggunakan Media Game Kahoot pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Literasi Pedagogi (SRADA) III, 24–31. https://semnas.upstegal.ac.id/index.php/srada/article/view/470

Rahmawati, Y., Ridwan, A., Faustine, S., Syarah, S., Ibrahim, I., & Mawarni, P. C. (2020). Pengembangan Literasi Sains Dan Identitas Budaya Siswa Melalui Pendekatan Etno-Pedagogi Dalam Pembelajaran Sains. Edusains, 12(1), 54–63. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.12428

Taher, T. (2023). Analisis Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Siswa Introvert dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 21–27. https://doi.org/10.34312/jjec.v5i1.17463




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i2.485-490

Article Metrics

Abstract view : 1287 times
PDF - 459 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id