PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERMEDIA APLIKASI WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP HKBP SIDORAME MEDAN

galingging intan intan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak pembelajaran berdiferensiasi bermedia wardwall terhadap kemampuan memahami teks deskripsi siswa kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan pada tahun pembelajaran 2023/2024. Populasi studi mencakup 16 siswa dari kelas tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Hasil pre-test menunjukkan bahwa kemampuan siswa sebelum menggunakan pembelajaran berdiferensiasi bermedia wardwall pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 72,75. Hasil post-test menunjukkan bahwa kemampuan siswa sesudah menggunakan pembelajaran berdiferensiasi bermedia wardwall pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,5.  Analisis data menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 5% nilai Thitung 15,7407 > Ttabel 1,753. Hipotesis nol (Ho) ditolak, hipotesis alternatif (ha) diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan memahami teks deskripsi berpengaruh menggunakan pembelajaran berdiferensiasi  bermedia wardwall.


Keywords


Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Memahami, Teks Deskripsi.

Full Text:

PDF

References


Agus, J.S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Motion Graphic Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan 2023/2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3, 4675–4684.

Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Sumiyani, S. (2020). Merdeka Belajar melalui Penggunaan Media Audio Visual pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 356–370. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1112

Dariyo, A. (2004). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berba. Jurnal Psikologi, 2(2), 94–100. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=62924&val=4564

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.

Fitriah, D., & Mirianda, M. U. (2019). Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri, 148–153.

Mulyadi, M. (2013). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128. https://doi.org/10.31445/jskm.2011.150106

Sitorus, P. J., & Siagian. (2023). Hubungan Penguasaan Afiks Dalam Membangun Kalimat Terhadap Kemampauan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII Email : Lita Agnescia Siburian ( lita.siburian@student.uhn.ac.id ) Hubungan Penguasaan Afiks Dalam Membangun Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Tek. 4(2), 54–61.

Peduk Rintayati. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi (Ahmad Syawaluddin (ed.); Pertama). Eureka Media Aksara.

Sugiyono. (2020). metode penelitian kuantitataif kualitatif dan R dan D (M. Dr.Ir.Sutopo.S.Pd (ed.); kedua). ALFABETA,Bandung.

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Rahmadani, M. (2022). Karakteristik struktur dan kebahasaan teks deskripsi siswa di sekolah menengah pertama islam terpadu. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 182. https://doi.org/10.29210/30031714000

Panggabean, S. (2024). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Swasta HKBP Sidorame Medan 2023 / 2024. 3, 487–495.

Sitorus, P., Sitinjak, E. K., Lafau, B., Studi, P., Fisika, P., & Medan, N. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Problem-Based Learning Terhadap Hasil. 13(2), 179–189.

Wakarmamu, T., & Si, S. M. (2021). Metode Penelitian Kualitatif Penerbit Cv.Eureka Media Aksara. Metode Penelitian Kualitatif Penerbit Cv.Eureka Media Aksara, 1.

Zahrok, S. (2009). Asesmen Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 166–180. https://doi.org/10.12962/j24433527.v2i2.660




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i2.303-313

Article Metrics

Abstract view : 493 times
PDF - 247 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id