KESALAHAN PENGGUNAAN KATA KETERANGAN “Qīnzì(亲自)” DAN “Qīnshēn(亲身)” OLEH MAHASISWA STBA-PIA SEMESTER VI T.A. 2019/2020

Alwiyah Rahmatika

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti jenis kesalahan yang terdapat dalam mahasiswa STBA PIA Semester VI T.A. 2019/2020, dan menjelaskan faktor-faktor penyebab tersebut.

Penelitian ini menggunakan rancangan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Hasil penelitian membuktikan bahwa kesalahan penggunaan kata keterangan “Qīnzì(亲自)” dan “Qīnshēn(亲身)” oleh mahasiswa STBA PIA T.A. 2019/2020 terdiri dari 3 jenis kesalahan, yaitu: kesalahan penambahan (error of addition) pada kata “Qīnzì(亲自)” ada 15 kalimat, pada kata “Qīnshēn(亲身)” ada 3 kalimat; kesalahan pemilihan (error of selection) pada kata “Qīnshēn(亲身)” ada 15 kalimat; dan kesalahan pengurutan (error of ordering) pada kata “Qīnzì(亲自)” ada 1 kalimat, pada kata “Qīnshēn(亲身)” ada 3 kalimat. Total kesalahan yang ditemukan dalam penggunaan kata keterangan “Qīnzì(亲自)” dan “Qīnshēn(亲身)” adalah sebanyak 37 kalimat. Sedangkan hasil analisis data wawacara menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya kesalahan dalam penggunaan kata keterangan “Qinzi 亲自” dan “Qinshen 亲身” pada mahasiswa STBA PIA semester VI yaitu faktor interlingual sebanyak 2 mahasiswa, faktor intralingual sebanyak 6 mahasiswa dan faktor interlingual+intralingual sebanyak 2 mahasiswa.

 

Abstract

This research aims to examine the types of errors found in STBA PIA VI semester students in 2019/2020, and explains the causal factors.This research uses a qualitative descriptive method design. Data collection techniques were carried out using interview techniques. The results of the research prove that the error in using the adverbs "Qinzi" and "Qinshen" by STBA PIA student in 2019/2020 consists of 3 types of errors, namely: error of addition in the word "Qinzi" there are 15 sentences, in the word "Qinshen" there are 3 sentences; error of selection in the word "Qinshen" there are 15 sentences; and the error of ordering in the word "Qinzi" there is 1 sentence, in the word "Qinshen" there are 3 sentences. The total errors found in the use of the adverbs "Qinzi" and "Qinshen" were 37 sentences. Meanwhile, the results of the interview data analysis show that the factors causing errors in the use of the adverbs "Qinzi 亲自" and "Qinshen 亲身" among STBA PIA sixth semester students are the interlingual factor of 2 students, the intralingual factor of 6 students and the interlingual+intralingual factor of 2 students

 


Keywords


Kata kunci: Kesalahan kata, Kata Keterangan, “Qinzi”, “Qīnshēn(亲身)”. Keywords: Errors Analysis , Adverbs, “Qinzi”, “Qīnshēn(亲身)”.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. 2011. Error Analysis: Learning Articles and Prepositions among Secondary School Students in Pakistan. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Bussiness, Volume: 2, No: 12.

Arikunto, S. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Cadling, R.B. 2001. Vocabulary and Language Teaching. New York: Longman Inc.

Chaer, A. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Corder, S.P. 1981. Error Analysis and Interlanguage. Oxford: Oxford University Press.

Jianji, Lu. 2008. Waiguo Ren Xuexi Hanyu de Yufa Pianwu Fenxi. Nanchang: Nanchang College.

Esterberg, K. G. 2002. Qualitative methods in social research. Boston: McGraw-Hill.

Fatimah, D. 2006. Metode Linguistik. Bandung: Refika Aditama.

Gunawan, I. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Miles, Huberman, & Saldana. 2014. Qualitative data analysis: A Methods Sourcebook, 3rd Edition. Washington, DC: Sage Publications.

Moleong, L. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. 2008. Tata Bentuk Bahasa Indonesia. Bandung: Remadja Karya.

Qi, H.Y. 2010. Xiandai Hanyu. Beijing: Shangwu Yin Shuguan Chuban.

Rinaldi, 2015. Kesalahan Penggunaan Kata Kerja “Chixu” dan “Jixu” pada Mahasiswa STBA-PIA Semester 5. Medan: STBA-PIA.

Sinurat, H. 2011. Analisis Konstrastif Kata Keterangan Waktu dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Suparto. 2005. Lancar Berbahasa Mandarin. Bandung: Pustaka Internasional.

Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press. Hessel Nogi.S T. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: PT. Grasindo.

Swan, M. 2008. The Influence of the Mother Tongue on Tecond Language Vocabulary Acquisition and Use. http://www.mikeswan.co.uk/ Diakses pada tanggal 6 Maret 2020.

Syamsuddin, A.R. 1986. Sanggar Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka Jakarta. Diakses pada tanggal 27 Februari 2020.

Syarifudin. 2004. Analisis Kesalahan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta. Diakses Pada tanggal 6 Maret 2020.

Tarigan. 1995. Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di SD. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H. G. 2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa. Diakses Pada tanggal 6 Maret 2020.

Tobing, L. I. 2015. Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Keterangan Waktu Jiu dan Cai. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Walija. 1996. Bahasa Indonesia Dalam Perbincangan. Jakarta: IKIP Muhammadiyah Jakarta Press. Diakses pada tanggal 27 Februari 2020.

Zalmansyah, A. 2014. Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Siswa Kelas VI SD Al-

Kaustar Bandar lampung.

Diligib.unila.ac.id/2240/1/COVER%20%20DALAM.pdf. Diakses pada tanggal 1 April 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i2.314-%20327

Article Metrics

Abstract view : 275 times
PDF - 156 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id