PEMANFAATAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP NEGERI 3 KISARAN
Abstract
Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan merupakan pengaruh dari perkembangan zaman saat ini. Era digital mengharuskan pendidik untuk dapat memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran di kelas untuk menciptakan pembelajaran yang dekat, menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Pemanfaatan aplikasi digital dalam proses pembelajaran adalah bentuk penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan pemanfaatan teknologi apa saja yang digunakan sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 3 Kisaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi literatur dengan metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidik dapat mengaplikasikan beberapa media pembelajaran berbasis teknologi dari awal hingga akhir pembelajaran Bahasa Indonesia. Adapun aplikasi-aplikasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yaitu: (a) Canva dapat digunakan untuk membuat materi pembelajaran secara menarik, (b) Wordwall dapat digunakan untuk membuat games edukatif atau kuis sesuai dengan materi pembelajaran, (c) Random Name Picker dapat digunakan untuk menentukan urutan presentasi diskusi kelompok, (d) Mentimeter dapat digunakan untuk melakukan refleksi pembelajaran. Dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif serta menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan berpihak pada peserta didik sehingga dapat menumbuhkan semangat dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adelina, Y., & Amin. 2022. Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 6, No. 1, Hal. 325–1334.
Idawati, Maisarah, Muhammad, Meliza, Arita, A., & Salfiyad, T. 2022. Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Sains Jenjang SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol. 4, No. 1, Hal.745–752.
Lusiani. 2021. Penggunaan Aplikasi Mentimeter sebagai upaya motivasi belajar Taruna Teknika pada Materi Mekanika Terapan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, Vol. 12, No. 2, Hal.151–158.
Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, Vol. 1, No. 2, Hal. 552–560.
Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 5, No. 5, Hal. 4093-4100.
Rahmadi, I. F. 2019. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 6, No. 1, Hal. 65-74.
Saelan Malewa, E., & Al Amin, M. 2023. Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Zakat di UPTD SD Negeri 65 Barru. Journal Educandum, Vol. 9, No. 1, Hal. 22–30.
Sumiasyih, Okimustava, & Sharfina. 2023. Pemanfaatan Mentimeter pada Pelajaran IPA dengan Cooperatif Learning. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, Vol. 4, No. 1, Hal. 19–27.
Surani, D. 2019. Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Banten. Vol. 2, No. 1, Hal. 456–469.
Wulandari, T., & Mudinillah, A. 2022. Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), Vol.2 No. 1, Hal. 102–118.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v9i1.11-19
Article Metrics
Abstract view : 1311 timesPDF - 1066 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id