PENGARUH MEDIA POP UP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DESKRITIF PADA SISWA KELAS VII MTs SWASTA AL-IHSAN WAMPU TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pop up terhadap kemampuan manulis teks tanggapan deskritif siswa di MTs Swasta Al-Ihsan Wampu. Populasi penelitian ini adalah 101 orang siswa kelas VII dari kelas VII1, VII2, VII3 dan VII4 . Sampel penelitian 60 orang siswa, dari kelas VII2 diambil 30 orang siswa, sedangkan dari kelas VII3 diambil 30 orang siswa ditentukan dengan sampel random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan media pop up. Instrumen penilaian menulis teks tanggapan deskritif di kelas kontrol (variabel X), dan instrumen penilaian menulis teks tanggapan desritif di kelas eksperimen (variabel Y). Dari hasil pengujian normalitas untuk data kelas kontrol diperoleh nilai thitung = 0,1517, ttabel untuk n = 30 dengan taraf signifikan 0,05 adalah 0,161 dan kelas eksperimen diperoleh thitung = 0,1375, ttabel untuk n = 30 dengan taraf signifikan 0,05 adalah 0,161. thitung < ttabel , sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua data dari kemampuan menulis teks tanggapan deskritif tersebut berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t, dari perhitungannya didapat thitung = 3,52 sedangkan ttabel = 2,0399 yang berarti thitung > ttabel yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima. Ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol penggunaan media pop up terhadap kemampuan menulis teks tanggapan deskrituf oleh siswa kelas VII MTs Swasta Al-Ihsan Wampu Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kalidjernih, Freddy K. (2010). Penulisan Akademik. Bandung: Widya Aksara Press.
Parera, Jos Daniel. (1993). Menulis Tertib dan Sistematik. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparno. (2006). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v5i1.89-100
Article Metrics
Abstract view : 382 timesPDF - 347 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra
issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id