PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS IKLAN DAN POSTER OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

Lili Herawati Parapat, KHatib Lubis, Yeti Sitompul

Abstract


Learning to write in schools is a means to develop writing skills because the success of students taking lessons at school is largely determined by writing skills. Therefore, writing skills are very important for subjects. Writing skills are not only needed when someone is still in school. This study limits the problem to the Influence of Direct Learning Learning Model on the Ability to Write Advertisements and Posters by Class VIII Students of SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Samples were taken from class VIII-9 male totaling 17 students, female totaling 15 students, so the total sample amounted to 32 students. This means that the comparison of rxy and rtable values is (0.683>0.341).


Keywords


Direct Learning, Writing Ads and Posters

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta . 2009.

Menajemen Penelitian Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Chaer, Abdul. 2011. Ragam Bahasa Ilmiah. Jakarta: Rineka Cipta.

Armstrong, Gary & Kotler, Philip.2002.Dasar-dasar Pemasaran. Alih Bahasa : Alexander Sindoro dan Benyamin Molan.Jilid Satu. Jakarta: Prenhalindo.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Durianto, Darmadi, C., & Liana. 2003.Inovasi pasar dengan iklan yang efektif. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Fitriani, Ratri Mia. 2016. Pengembangan Materi Ajar Teks Iklan Berdasarkan Model Pembelajaran Melalui Praktik (Enactive Learning) dalam Bentuk Buku Suplemen untuk Kelas VIII Kurikulum 2013. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Kokasih, E. 2009. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA ; Ringkasan Materi X, XI, dan XII. Bandung : Yrama Widya

Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia SMP Kelas VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud

Kotler, Philip & Armstrong, Geri. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa : Damos Sihombing, M.B.A. Edisi Delapan. Jilid Dua. Jakarta : Erlangga

Huda, Miftahul. 2014. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahayu, Minto. 2007. Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi: Matakuliah Pengembangan Kepribadian. Jakarta: Grasindo.

Sugiyono. 2012. Metode penelitian kombinasi. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

S. Kardi dan Moh. Nur. 2000. PembelajaranLangsung, Surabaya: UnesaUniversity Press.

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif-Progresif. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.

Tarigan, Henry Gunurt. 1993. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Pujiyanto. 2013. Iklan Layanan Masyarakat. Edisi Pertama. Yogyakarta : ANDI

Tarigan, Henry Gunurt. 1993. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v8i2.372-377

Article Metrics

Abstract view : 556 times
PDF - 224 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id