PENGARUH PENERAPAN MEDIA ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA FABEL OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KUTACANE TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Cut Rahayu Mutia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media animasi terhadap peningkatan kemampuan menulis teks cerita fabel. populasi dalam penelitian ini berjumlah 212 siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kutacane. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 34 orang siswa yang diambil dengan teknik purposif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes pilihan ganda dan essay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain eksperimen one group pretes and postes. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” Dari pengolahan data diperoleh hasil tes awal dengan rata-rata = 55,62 kategori Cukup, standar deviasi = 10,81. Hasil tes akhir dengan rata-rata = 79,68 kategori Baik, standar deviasi = 3,79. Berdasarkan hasil nilai tes akhir siswa tersebut, jika dikaitkan dengan nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) bahasa Indonesia untuk kelas VII sebesar 75 maka kemampuan siswa dalam menulis teks cerita fabel termasuk dalam kategori baik. Dengan uji t didapatlah thitung sebesar 12,24 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan df = N-1 = 34-1=33. Dari df = 33 diperoleh nilai = 2,03. Karena thitung  > ttabel yaitu 12,24 > 2,03, maka hipotesis diterima.

 

Kata Kunci : cerita fable, media animasi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Pene-litian: suatu pendekatan praktek. Ja-karta: Rineka Cipta.

Ambary, Abdullah. 2007. Intisari Sastra In-donesia. Bandung: DJATMIKA Bandung

Aziz, Abdul, Adlan, dan Minanurrahman. 2012. Pedoman Umum Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Bee Media Indo-nesia.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran: Pe-ranannya Sangat Penting Dalam-Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2007. Kamus Besar Bahasa In-donesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zai-ni.2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Dalam Pembelajaran SD,SMP, dan SMA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rahardi, Kunjana. 2010. Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: ERLANGGA.

Sudijono, Anas. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: P.T. Raja Gra-findo Persada.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: TARSITO Bandung.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidi-kan. Bandung: CV. ALFABETA

Suryabrata, Sumadi. 2010. Metodologi Pe-nelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Tera. 2010. Pedoman Pintar EYD. Yogya-karta: IndonesiaTera.

Wahyuni, Ristri. 2014. Kitab Lengkap: Puisi, Prosa, dan Pantun Lama. Yogya-karta: Saufa.

Zainurrahman. 2011. Menulis: Dari Teori Hingga Praktek. Bandung: ALFA-BETA Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/linguistik.v4i2.112-119

Article Metrics

Abstract view : 1066 times
PDF - 1140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra

issn online : 2548-9402 | issn cetak : 2541-3775
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Jl.Stn Mhd Arief No 32 Padangsidimpuan, Sumatera Utara
Email: jurnal.linguistik@um-tapsel.ac.id