KAITAN AUTOPSI DALAM PROSES PENYIDIKAN SEBAGAI ILMU BANTU KEDOKTERAN FORENSIK DALAM PEMBUKTIAN SUATU TINDAK PIDANA

Tri Lestari, Indra Yudha Koswara

Abstract


Setiap yang bernyawa pada suatu saat akan mengalami kematian. Namun apabila terjadi sebuah peristiwa kematian dengan ditemukannya seorang mayat yang meninggal dengan keadaan yang tidak wajar, ditemukan dengan tanda-tanda aneh, yang diduga terkait dengan tindak pidana dan mencurigakan, berhak untuk dilakukan sebuah penyelidikan oleh pihak yang memiliki kewenangan. Dalam proses penyelidikan tersebut guna untuk mendapatkan bukti-bukti dan penyebab kematian si mayat agar dapat diketahui apakah hal tersebut merupakan tindak pidana atau bukan sebuah tindak pidana. Dalam proses penyelidikan seorang penyidik terkadang menemukan kendala dalam proses pembuktian peristiwa yang diduga sebagai suatu tindak pidana. Maka diperlukannya bantuan ilmu pengetahuan yang lainnya, yaitu salah satunya dengan ilmu kedokteran forensik. Salah satu cara yang dapat diambil adalah dengan melakukan autopsi. Dalam praktiknya autopsi ni memiliki berbagai macam jenis. Kemudian Proses autopsi ini berperan sangat penting sebagai barang bukti dalam proses penyidikan untuk penegakan hukum di peradilan demi memperoleh keadilan di dalam tindak pidana yang bersangkutan.


Keywords


Penyelidikan, Pembuktian, dan Autopsi

Full Text:

PDF

References


Aflanie, Iwan, dkk. Ilmu Kedokteran Forensik & Medikolegal ( Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada, 2017), 245-246

Dahlan, Sofwan. Ilmu Kedokteran Forensik Pedoman Bagi Dokter dan Penegak Hukum (Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2002), 177.

Hamdani, Njowito. Ilmu Kedokteran Kehakiman Edisi Kedua ( Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama 1992 ), 48

Indries, Abdul Mun’im dan Tjiptomarnoto, Agung Legowo. Penerapan Ilmu Kedokteran Forensik dalam Proses Penyidikan (Jakarta,Sagung Seto,2011)

Asmadi , Erwin. Ilmu Kedokteran Kehakiman (Medan)

Hatta, Muhammad, Zulfan, Srimulyani. “Autopsi Ditinjau dari Prespektif Hukum Positif Indonesia dan Hukum Islam”. Vol.9 No.1 (2019)

Kealpaan Menyebabkan Orang Lain Mati (Putusan Pengadilan Negeri No.607/Pid.B/2014/PN.Kpn), 2017.

Makie, Indra. ”Fungsi Otopsi Forensik dan Kewenangan Kepolisian Republik Indonesia Berdasarkan KUHAP”. Vol.IV, No. 5 (2016)

Rompas, Amelia Fransiska.“ Kajian Yuridis Pasal 134 KUHAP tentang Bedah Mayat dalam Peneggakan Hukum Pidana Indonesia”. Vol. 3 No.1 (2015)

Siregar, Desi Mariayu. “Peranan Otopsi dalam Proses Pembuktian Tindak Pidana Kealpaan Menyebabkan Orang Lain Mati (Putusan Pengadilan Negeri No.607/Pid.B/2014/PN.Kpn), 2017.

Forensik dan Ruang Lingkupnya dalam Mengungkap Tindak Pidana https://www .hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/cl6647/forensik-dan-ruang-lin gkupnya-dalam-mengungkap-tindak-pidana/ diakses pada 27 Maret 2021 pukul 20.05

Putusan sidang Jessica Kumala Wongso https://putusan3.mahkamahagung.go.id /search.html/?q=otopsi Diakses pada 30 Maret 2021 pukul 23.26 WIB

Autopsi: Tujuan – Prosedur dan Resikonya. https://idnmedis.com/autopsi/amp. Diakses pada 30 Maret 2021 pada Pukul 23.31 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v9i4.1957-1966

Article Metrics

Abstract view : 1698 times
PDF - 1425 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora