PENDEKATAN REKREASIONAL DALAM MENURUNKAN STRES ANAK DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I MEDAN

M.Ilham Martuah Lubis, Herry Fernandes Butar-Butar

Abstract


Jurnal Ini Membahas Tentang Pola Program Pembinaan Yang Ada Di Lpka Kelas I Medan Melalui Kegiatan Rekreasional Pada Anak Didik. Kegiatan Rekreasional Ini Bertujuan Untuk Menurunkan Stress Anak Yang Ada Di Lpka Kelas I Medan Dan Anak Didik Diharapkan Dengan Adanya Kegiatan Rekreasional Ini Dapat Segera Menyesuaikan Lingkungan Barunya Yaitu Lpka Kelas I Medan. Esensi Dari Kegiatan Rekreasional Ini Yaitu Anak Dapat Melaksanakan Kegiatan Pogram Pembinaan Yang Diberikan Oleh Pihak Lpka Kelas I Medan Dengan Baik. Dimana Jika Anak Mengalami Gejala Stress, Otomatis Anak Tidak Akan Dapat Melaksanakan Program Pembinaan Dengan Baik Juga. Diharapkan Setelah Selesai Menjalani Masa Pidana Di Lpka Kelas I Medan, Anak Didik Dapat Diterim Dan Berguna Dengan Baik Di Lingkungan Masyarakat. Penelitian Ini Menggabungkan Teknik Penelitian Kualitatif Dan Pengumpulan Data Melalui Wawancara, Observasi, Dokumentasi Dan Penelitian Kepustakaan. Kegiatan Rekreasional Di Lpka Kelas I Medan Dilaksanakan Dengan Terstruktur Dibuktikan Dengan Adanya Dokumentasi Pada Setiap Kegiatan.  Faktor Pendukung Pelaksanaan Kegiatan Rekreasional Ini Sebagai Berikut: Didukung Penuh Oleh Kepala Lpka Kelas I Medan, Kualitas Dan Semangat Pegawai Yang Tinggi,  Dan Kerjasama Dengan Pihak Ketiga. Sedangkan Faktor Penghambat Pelaksanaan Kegiatan Rekreasional Sebagai Berikut: Keterbatasan Anggaran, Fasilitas Yang Kurang Memadai, Dan Antusias Anak Didik Yang Kurang.


Keywords


Rekreasional; Stress; Anak didik

Full Text:

PDF

References


A., A. E. (2015). Pengaruh Relaksasi Otot Progresif Terhadap Tingkat Stress pada Remaja di Lapas Anak Blitar. Blitar: Jurnal Psikologi Indonesia,.

Agustine, E. M. (2018). Skrining Perilaku Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung . BANDUNG: Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal).

ANANDA. (2017). Penilaian Pemustaka Terhadap Fungsi Rekreasional Perpustakaan Khusus Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi. Edulib.

ANDRIASARI, F. (2015). Konsep Diri Pada Anak Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. MALANG: Jurnal Psikologi Muhammadiyah Malang.

Anwar, U. (2018). Dampak Pemberian Remisi Bagi Narapidana Kasus Narkotika Terhadap Putusan Pidana yang dijatuhkan Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 Tentang Syarat Pelaksanaan. Jurnal Legislasi Indonesia.

Atikasuri. (2018). Tingkat Kecemasan pada Andikpas Usia 14-18 Tahun Menjelang Bebas. Journal of Nursing Care.

Barseli. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan.

E.A.Ariyanto. (2016). Tingkat Stress pada Remaja di Lapas Anak Blitar. Blitar: Jurnal Psikologi Indonesia.

Edi. (2016). Teori Wawancara Psikodignostik. LeutikaPrio.

MARDHIYAH, E. M. (2018). Skrining Perilaku Remaja di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Bandung. Bandung: Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal).

T., Y. (2017). Penilaian Pemustaka Terhadap Fungsi Rekreasional Perpustakaan Khusus Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi. EDULIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v9i4.1568-1575

Article Metrics

Abstract view : 545 times
PDF - 287 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora