HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP TINGKAT STRESS WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN

Ivandi Tegar Kurniawan, Kusmiyanti Kusmiyanti

Abstract


Manusia cenderung memandang setiap permasalahan hidup merupakan masalah besar yang hanya dialami oleh dirinya sendiri. Kondisi inilah yang membuat para narapidana mengalami stres yang dapat menyebabkan narapidana memiliki kesehatan mental yang buruk atau rendah. Bunuh diri bukan suatu fenomena baru di dalam lapas. Menurut catatan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan terdapat 80 narapidana yang bunuh diri di dalam lapas. Cara untuk menanggulangi kasus bunuh diri di lapas karena stres dengan memberikan dukungan keluarga bagi narapidana karena dengan adanya dukungan yang diberikan oleh keluarga narapidana tidak akan merasa kesepian dalam menjalankan hidup di dalam lapas. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar kepada 48 WBP Lapas Narkotika Kelas IIB Purwkerto sebagai responden. Hasil penelitian, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0.008 < 0.05 yang berarti ada hubungan signifikan antara dukungan keluarga dan tingkat stres warga binaan pemasyarakatan.


Keywords


dukungan keluarga; tingkat stres; warga binaan pemasyarakatan.

Full Text:

PDF

References


Empati, J., & Ediati, A. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Resiliensi Pada Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iia Wanita Semarang. Empati, 5(3), 537–542.

Kepala Badan Narkotika Nasional. (2019). Press release akhir tahun 2019. Bnn, 1–33. https://bnn.go.id/konten/unggahan/2019/12/DRAFT-LAMPIRAN-PRESS-RELEASE-AKHIR-TAHUN-2019-1-.pdf

Lestari, F. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Konsep Diri Narapidana Perempuan di Lembaga Pemasyarakatan perempuan Tanjung Gusta Medan. Skripsi.

Pemasyarakatan, D. L. (2021). Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Stres Narapidana Article history : Public Health Faculty Received in revised form 26 September 2020 Universitas Muslim Indonesia

Wijaya, K. A. (2015). Hubungan antara dukungan keluarga dengan tingkat stress narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kabupaten Jember. 51.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v8i6.1646-1653

Article Metrics

Abstract view : 725 times
PDF - 343 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora