ANALISIS LINGKUNGAN STRATEGIS PENCEGAHAN PENYEBARAN TUBERKULOSIS (TB) DI RUTAN KELAS II B BANGLI

I Gede Resthu Bangkit Raharjo, Arisman Arisman

Abstract


Tuberkulosis adalah penyakit menular yang terutama disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Saat ini, tuberkulosis dianggap sebagai masalah kesehatan masyarakat karena menurunkan kesehatan jutaan orang setiap tahun dan penyebab kematian kedua akibat penyakit menular di seluruh dunia. Berbagai kebijakan yang diterapkan di Rutan Kelas II B Bangli telah dikeluarkan untuk upaya pencegahan penyebaran Tuberkulosis ini. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk Analisis Lingkungan Strategis Pencegahan Penyebaran Tuberkulosis (TB) di Rutan Kelas II B Bangli untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan Rutan dalam mencegah penyebaran Tuberkulosis didalam Rutan. Penelitian ini menggunakan mix method yang berupa pendekatan kuantitatif untuk analisis swot dan kualitatif untuk mendeskripsikan hasil dari analisis dengan melakukan wawancara untuk validasinya. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan strategi agresif pada kuadran satu dapat menegakan kebijakan yang telah jalankan dan menginovasi kebijakan tersebut agar lebih optimal.


Keywords


Tuberkulosis (TB), Analisis, Pencegahan, Rutan, SWOT

Full Text:

PDF

References


Creswell, John W. Qualitative Inquiry and Research Design. Third Edit. SAGE Publications, Inc, 2013. ———. Research Design. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

FME. SWOT Analysis: Strategy Skills. Free- Managment-Ebooks, 2013. http://www.free- management-ebooks.com/dldebk-pdf/fme- swot-analysis.pdf.

Hawari, Dadang. Manajemen Stres Cemas Dan Depresi. 2nd ed. Jakarta: Jakarta: Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2016.

Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia et al. 2012. Petunjuk Teknis Pencegahan dan Pengendalian Infeksi TBC di Lapas dan Rutan. Jakarta : Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Kemenhum dan HAM RI, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kemenkes RI dan Dirjen P2L. 2015. Buku Panduan Penanggulangan Tuberkuloasis di UPT Masyarakat. Jakarta.

Nugrahani, Farida. Metode Penelitian Kualitaitf Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Vol. 1, 2014.

Rakhmat, Jalaludin. Psikologi Komunikasi : Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2018.

Shrivastava, Saurabh. 2014. Tuberculosis Control : An Indian Perspective. SM Online Publishers. tersedia: http://www.smgebooks.com/Tuberkulosis-control/chapters/TBCC-14-01.pdf. [11 Januari 2018]

Siagian, Sondang P. Manajemen Stratejik. 12th ed. Bumi Aksara, 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

WHO. 2016. Global Tuberculosis Report 2016. Switzerland : World Health Organization.tersedia: http://www.who.int/TBC/publications/global_report/en/ [21Desember 2017]




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v9i1.370-380

Article Metrics

Abstract view : 247 times
PDF - 171 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora