PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP BUDAYA DAN MOTIVASI PEGAWAI PEMASYARAKATAN

Muh Akhsan, Ayu Purnama Sari

Abstract


Suatu lembaga tentunya memiliki struktur dan klasifikasi kepemimpinan didalamnya. Lembaga Pemasyarakatan tentunya juga dibungkus dengan suatu model kepemimpinan Seorang pimpinan yang menggunakan model kepemimpinan situasional akan lebih mampu mengendalikan situasi di dalam Lembaga Pemasyarakatan karena hal mendasar dari kepemimpinan situasional adalah seorang Kepala Lembaga Pemasyarakatan harus mengetahui lebih dalam internal organisasinya terutama internal dari pegawai dan warga binaan pemasyarakatan, serta situasi dan kondisi di Lembaga Pemasyarakaatn itu sendiri. Diketahui bahwa gaya kepemimpinan situasional berpengaruh terhadap budaya dan motivasi pegawai pemasyarakatan. Semakin baik seorang pemimpin dalam memberikan arahan dan motivasi kepada bawahannya maka kinerja pegawai pemasyarakatan akan semakin baik serta tercipalah kondisi Lapas dan kondusif. Namun terdapat hambatan-hambatan misalnya saja kurangnya komunikasi intrapersonal , pemimpin yang lambat dalam beradaptasi, pengambilan keputusan selektif dan lain sebagainya. Maka dari itu perlunya kerjasama yang baik antara seorang pemimpin situasional dengan petugas pemasyarakatan lainnya.


Keywords


Kepemimpinan, situasional, pemasyarakatan

Full Text:

PDF

References


Undang- undang Pemasyarakatan No. 12 Tahun 1995 “Pemasyarakatan”.

Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.HH-05.OT.01.01 Tahun 2011 Tentang “Organisasi Dan Tata Kerja Lembaga Pemasyarakatan”.

Victorio. 2018. “Lembaga Pemasyarakatan Sebagai Bagian Dari Penegakan Hukum”. Jurnal Lembaga Pemasyarakatan Volume 1 (hlm. 85-98). Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM Kementerian Hukum dan HAM R.I.

Addin. 2017. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Situasional Dan Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan”. Studi Eksplanatif Kuantitatif Pada CV. Putra Nugraha Sentosa Mojosongo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fajar, Jaka. 2016. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iib Tegal”. Jurnal Multipiller Volume 1. Lapas Slawi, dan Universitas Pancasakti Tegal.

Naila, Sarwititi, Cahyono. 2016. “Efektivitas Komunikasi Kepemimpinan Transformasional Ketua Rt Terhadap Partisipasi Warga Di Kabupaten Bogor”. Jurnal Komunikasi Pengembangan Volume 14 No. 2.

Vivi, Nurul, Jauharyanto. 2019. “Kepemimpinan Situasional Untuk Meningkatkan Daya Saing Luaran Pendidikan Abad 21”. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan Volume 2 No.2. Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang Nomor 5 Malang 65145.

Heni, Bibin, Widodo. 2018. “Kepemimpinan Situasional Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Meningkatkan Komitmen Guru”. Jurnal Manajemen Pendidikan Volume 6 No.2.

Mulyanto, sutrisno. 2007. “Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi, Kompensasi, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai”. Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia Volome 2 No. 1.(hlm. 54-58).

Kepemimpinan Situasional. Kepemimpinan - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, diakases pada 11 April 2021 pukul 11.30.

Komunikasi Interpersonal. Interpersonal communication - Wikipedia, diakses pada 19 April pukul 12.00.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v9i1.222-230

Article Metrics

Abstract view : 694 times
PDF - 383 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora