EFIKASI DIRI NARAPIDANA PEREMPUAN YANG TERINVEKSI HIV/AIDS

Ghaneisya Anggareksi Swandari Ridwan, Padmono Wibowo

Abstract


Banyaknya kasus narapidana atau tahanan yang mengidap HIV/AIDS di Lapas atau Rutan di Indonesia dan melihat kerentanan wanita/perempuan terhadap mental dan psikologinya yang juga membuat penulis meneliti tentang narapidana perempuan yang terinfeksi HIV. Penulis menggunakan metode kualitatif dalam penelitian ini, dengan melihat efikasi diri narapidana perempuan yang terinfeksi HIV/AIDS. Penelitian ini dilakukan pada 2 lokus yang berbeda untuk melakukan komparasi hasil dari setiap Lokus. Informan dari penelitian ini adalah 13 orang narapidana, 2 dokter Lapas dan 2 orang Ka.Subsie Bimkemaswat. Penelitian ini menggunakan teori efikasi diri yang memiliki 4 proses dalam pembentukan efikasi diri dan 4 komponen peningkatan efikasi diri. Proses dan komponen tersebut yang dijadikan panduan dalam mewawancarai informan. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan efikasi diri narapidana di setiap lokusnya, karena adanya perbedaan perlakuan dan dukungan sosial yang dapat meningkatkan efikasi diri dari narapidana. Berdasarkan analisa disimpulkan bahwa efikasi diri narapidana HIV di Lapas Perempuan Kelas II A Tangerang lebih baik dibandingkan dengan narapidana HIV di Lapas Perempuan Kelas IIA Jakarta.


Full Text:

PDF

References


Bandura, Albert. (1997).Self-Efficacy: The Exercise of Control. United State: W. H. Freeman

Katiandagho, Desmon. (2017). EPIDEMIOLOGI HIV-AIDS. Bogor: Penerbit IN MEDIA

Mayers, David. G. (1996). Social Psychology – 5th ed.United State: The McGraw-Hill

Mayers, David. G. (2005). Social Psychology – 8th ed.United State: The McGraw-Hill

Noviana,Nana.2016. Konsep HIV / AIDS Seksualitas dan Kesehatan Reproduksi. Jakarta: Trans indfo media pema.

Prigatano, George P.; Schacter, Daniel L. (1991). Awareness of Deficit After Brain Injury: Clinical and Theoritical Issues. New York: Oxford University Press.

Azza, Awatiful & Setyowati , Trias & Fauziyah. (2015).Pemberdayaan Kesehatan Dan Ekonomi Perempuan Penderita HIV/AIDS Melalui Life Skill Education. Jurnal Ners Vol. 10 No. 1 April 2015: 183–188

Fitria, Sri Nurrahayu; Minauli, Irna. (2016). Efektivitas The Support Group Method Untuk Meningkatkan Self-efficacy Pada Korban Bullying. Universitas Sumatera Utara.

Kustanti, Ch Yeni & Pradita, Reni. (2017). Self Efficacy Penderita HIV/AIDS Dalam Mengkonsumsi Antiretroviral Di Lembaga Swadaya Masyarakat Kebaya Yogyakarta. Jurnal Kesehatan, Volume 5, Nomor 1, Juli 2017, hal 1-7

Levy, B. (1996). Improving memory in old age through implicit self-stereotyping. Journal of Personality and Social Psychology, 71(6), 1092–1107.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v8i2.59-73

Article Metrics

Abstract view : 458 times
PDF - 518 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora