PERAN PEMBINAAN TAHAP AWAL DALAM MENGURANGI DAMPAK PRISONISASI DI LAPAS KELAS I BANDAR LAMPUNG

Dewi Linarsih

Abstract


Data terakhir dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Menunjukan bahwa terjadi over kapasitas hampir di seluruh LAPAS dan RUTAN di Indonesia. Hal ini juga terjadi di Lapas Kelas I Bandar Lampung yang memiliki 620 orang tetapi di isi oleh 1220 sehingga mengalami over kapasitas sebanyak 100 persen, kondisi ini di sebut dengan overcrowding kondisi overcrowding inilah yang akan banyak memberikan dampak negatif terhadap narapidana yang sedang menjalani masa hukuman nya di RUTAN/LAPAS salah satu dampak negatif nya adalah prisonisasi, karena prisonisasi inilah yang kemudian dapat menjadi pangkal dari berbagai macam gangguan kamtib serta membuat narapidana menjadi residivisme dengan menggulangi kejahatannya, oleh karena peneliti merasa perlu melakukan penelitian terhadap pelaksanaan pembinaan tahap awal di Lapas Kelas I Bandar Lampung yang di lakukan melalui klinik Pancasila untuk mengetahui sejauh mana dampak pembinaan tahap awal klinik pancasila di Lapas Kelas I B.Lampung. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode kualitatif. Selama melakukan penelitian hasil yang di dapatkan bahwa pelaksanaan klinik Pancasila terbukti dapat mengguranggi dampak negatif dari prisonisasi namun perlu ada nya peran serta petugas serta ada nya kegiatan yang lebih variatif dalam pelaksanaan pembinaan tahap awal melalui klinik pancasila tersebut.


Keywords


Lembaga Pemasyarakatan, Overcrowding, Prisonisasi, Pembinaan Tahap Awal

Full Text:

PDF

References


Creswell John W. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2016

Clemer Donald.The Prison Community. Birmingham: Holt. 1960

Kartoni Kartini. Patologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2017

Ndraha T. Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta. 2015

Ritzer George, Smart Barry. Hand Book Teori Sosial. Jakarta: Nusa Media. 2016

Simon Josias. Budaya Penjara (Studi kasus di Lembaga Pemasyarakatan Bogor). Jakarta: Gramedia. 2011

Edward R. Anne. (2016). Inmate Adaptations And Socialization In The Prison. Sociology Journal. Vol IV. 02-16.

Kartika Kartika. (2015). Proses Adaptasi Dan Gambaran Kecemasan Pada Anak Binaan Di Lpka Kelas Iia Gianyar. Jurnal Fakutas Psikologi Universitas Udayana Vol III, 07-15.

Numadi achmad. (2003). Manajemen Pelayanan Publik.Jurnal Administrasi Negara. Jurnal Administrasi Negara, Vol III, 10-18.

Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v8i2.43-58

Article Metrics

Abstract view : 369 times
PDF - 526 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora