PELAKSANAAN PEMBINAAN KEMANDIRIAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN ANDIK PAS DI LPKA KELAS I TANGERANG
Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan kemandirian yang ada di LPKA Kelas I Tangerang dalam meningkatkan keterampilan Andik PAS (Anak Didik Pemasyarakatan) dan kendala yang ada didalam pelaksanaanya. Pada penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dianalisis dengan cara deskriptif. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, pelaksanaan program pembinaan kemandirian yang ada di LPKA Kelas I Tangerang dalam meningkatkan keterampilan Andik PAS masih bersifat program pelatihan yang dilaksanakan melalui kerjasama dengan pihak luar. Bentuk pelatihan yang telah dilaksanakan hingga saat ini, Pelatihan Keterampilan Sablon, Pelatihan Pengelasan, Pelatihan Budidaya Ikan Lele, Pelatihan Pertanian (Tanaman Sayur Mayur) dan Pelatihan Tata Boga (Pembuatan Kue). Adapun kendala didalam pelaksanaanya, program yang ada masih bersifat pelatihan dengan waktu yang singkat, keterbatasan anggaran untuk melaksanakan program kemandirian secara mandiri dan petugas dibagian pembinaan kurang mempunyai keahlian didalam keterampilan pembinaan yang disisi lain dikarenakan faktor usia.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ade, R. (2014). Pembinaan Tugas Pokok dan Fungsi Pamong Belajar oleh Kepala SKB Dalam Mengoptimalkan Kinerja Pamong Belajar: Studi di SKB Wilayah 2 Kota Padang (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Andani, C. (2016). Perilaku Delinkuensi Remaja yang Lahir dan Besar di Lingkungan Anomie (Studi Kasus di Desa X, Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur).
Asman, Y. (2018). Analisis Pembinaan Narapidana Anak di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Burgess, E. W., & Locke, H. J. (1960). The family form institution to companionship 2nd edition. New York: American Book Company.
Creswell, J. W. (1994). Research design: Qualitative and quantitative approach. London: Publications.
Lambue Tampubolon, E., & Sahuri, C. (2017). Efektivitas Pembinaan Narapidana Anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).
Septiyani, Erwin Eka. (2013). Pembinaan Anak Didik Pemasyarakatan Melalui Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket A, Paket B, dan Paket C Di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo. (Strata 1 Politik dan Kewarganegaraan, Universitas Negeri Semarang).
Undang-undang No 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak
Peraturan Pemerintah No 31 Tahun 1999 Tentang Pembinaan dan Pembimbingan Warga Binaan Pemasyarakatan
Permenkumham No. 18 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Pembinaan Khusus Anak
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v7i3.494-507
Article Metrics
Abstract view : 732 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 920 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JUSTITIA : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora