PERTIMBANGAN HAKIM DALAM DALAM KASUS PENCEMARAN NAMA BAIK MELALUI MEDIA ELEKTRONIK YANG MELANGGAR KESUSILAAN DAN TANPA HAK DALAM PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK (Studi Putusan No.406/Pid.Sus/2023/PN.TJK)

Asni Putri Tasya Wijaya, Okta Ainita, S. Endang Prasetyawati

Abstract


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa pengaruh positif dan negatif. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi disatu pihak memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan dan peradaban manusia. Dilain pihak kemajuan teknologi informasi dan transaksi elektronik tersebut dapat dimanfaatkan untuk melakukan perbuatan-perbuatan yang bersifat melawan hukum, menyerang berbagai kepentingan hukum orang, masyarakat dan Negara. Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) adalah peraturan di Indonesia yang mengatur penggunaan media elektronik. Pencemaran nama baik melalui media elektronik yang melanggar kesusilaan dan tanpa izin merupakan pelanggaran UU ITE. Ini mencakup penyebaran informasi palsu atau merugikan reputasi orang lain secara tidak benar melalui platform digital. Pelaku dapat dijerat dengan sanksi hukum sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam UU ITE. Permasalahan dalam penelitian ini adalah pertimbangan hakim dalam kasus pencemaran nama baik melalui media elektronik yang melanggar kesusilaan dan tanpa hak dalam perspektif Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik, serta faktor penyebab terjadinya kasus pencemaran nama baik melalui media elektronik yang melanggar kesusilaan dan tanpa hak (Studi Putusan No.406/Pid.Sus/2023/PN.Tjk). 

Keywords


Pertimbangan Hakim; Pencemaran Nama Baik; ITE

Full Text:

PDF

References


ALbdul Walhid daln M. Lalbib. 2005. Kejalhaltaln Malyalntalral Cybercrime. Refikal ALditalmal, Balndung.

ALdalmi Chalzalwi. 2007. Pelaljalraln Pidalnal Balg. 2, Penalfsiraln hukum pidalnal, Dalsalr Penialdalaln Pidalnal, Pemberaltaln daln Peringalnaln, Kejalhaltaln ALdualn,Perbalrengaln daln ALjalraln Kalusallitals, PT. Raljal Gralfindo Persaldal, Jalkalrtal.

ALdalmi Chalzalwi daln ALrdi Ferdialn. 2015. Tindalk Pidalnal Informalsi & Tralnsalksi Elektronik. Medial Nusal Krealtif, Mallalng.

ALndi Sofyaln daln Nur ALzisal. 2016. Hukum Pidalnal, Pustalkal penal, Malkalsalr. Balmbalng Walluyo. 2008. Pidalnal daln Pemidalnalaln. Sinalr Gralfikal, Jalkalrtal.

Budi Suhalriyalnto. 2014. Tindalk Pidalnal Teknologi Informalsi (Cybercrime).

Raljal Gralfindo Persaldal, Jalkalrtal.

Chalirul Hudal. 2006. Dalri Tialdal Pidalnal Talnpal Kesallalhaln Menuju Kepaldal Tialdal Pertalnggungjalwalbaln Pidalnal Talnpal Kesallalhaln Tinjalualn Kritis Terhaldalp Teori Pemisalhaln Tindalk Pidalnal daln Pertalnggungjalwalbaln Pidalnal, Kencalnal, Jalkalrtal.

Koespalrmono Irsaln. 2005. HukumPidalnal. Universitals Bhalyalngkalral Jalkalrtal Ralyal, Jalkalrtal.

Leden Malrpalung. 2014. ALsals-Teori-Pralktik Hukum Pidalnal. Sinalr Gralfikal, Jalkalrtal.

Lilik Mulyaldi. 2017. Hukum ALcalral Pidalnal, Citral ALdityal Balkti, Balndung. Moeljaltno. 2009. ALsals-alsals Hukum Pidalnal. Rinekal Ciptal, Jalkalrtal.

Mukti ALrto. 2004. Pralktek Perkalral Perdaltal paldal Pengaldilaln ALgalmal.

Pustalkal Pelaljalr, Yogyalkalrtal.

Ridwaln H.R. 2006. Hukum ALdministralsi Negalral. Raljal Gralfindo Persaldal, Jalkalrtal.

Salvigny Von. 2006. tentalng hukum ditentukaln secalral historis dikutip kemballi oleh Balmbalng Sutiyoso, dallalm Metode Penemualn Hukum Upalyal Mewujudkaln Hukum Yalng Palsti daln Berkealdilaln. UII Pres, Jalkalrtal.

Soerjono Soekalnto. 2008. Falktor-Falktor Yalng Mempengalruhi Penegalkaln Hukum, Raljalwalli Press, Jalkalrtal.

Zalinall ALbidin Falrid. 2010. Hukum Pidalnal. Sinalr Gralfikal, Jalkalrtal.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v7i1.149-158

Article Metrics

Abstract view : 154 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Justitia : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora