PERLINDUNGAN HUKUM NASABAH DALAM KONTEKS KEAMANAN RAHASIA BANK (Tinjauan Kasus pada Bank BCA)

Farahdinny Siswajanthy, Anthonius Arlen Sihotang, Mass Achmad Rifqy, Adie Natanegara Hawadi, Muhamad Rafli, Moh Miftah Ilmi Polapa

Abstract


Dengan melakukan studi kasus di Bank BCA, penelitian ini bermaksud untuk menyelidiki bagaimana nasabah dilindungi secara hukum dari keamanan rahasia bank. Karena kebocoran informasi dapat merugikan keuangan konsumen dan citra bank, keamanan dan kerahasiaan informasi nasabah sangat penting di sektor perbankan. Dengan menelaah peraturan perundang-undangan di Indonesia yang berkaitan dengan perlindungan hukum klien dan kerahasiaan bank, penelitian ini menggunakan metodologi penelitian hukum normatif. Temuan studi tersebut menunjukkan bahwa Bank BCA telah menerapkan sejumlah prosedur dan perangkat keamanan yang dirancang untuk mengamankan informasi nasabah. Namun, masih terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi, seperti ancaman keamanan siber yang semakin kompleks dan perubahan regulasi terkait perlindungan data pribadi. Kata kunci: perlindungan hukum, nasabah, keamanan rahasia bank, Bank BCA.  

Keywords


Perlindungan hukum; Nasabah; Keamanan; Bank BCA

Full Text:

PDF

References


Ahmad, H., Anggraini, S., & Iswahyudi, G. (2022). Perlindungan Hukum Terhadap Keamanan Rahasia Bank dalam Menjaga Kepentingan Nasabah Perbankan. AL-MANHAJ: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam, 4(2), 337-350.

Fahrurrozi, R., Murwadji, T., & Rukmini, M. (2020). Problematika Pengungkapan Rahasia Bank Antara Kepentingan Negara Dan Perlindungan Kepada Nasabah. Jurnal Esensi Hukum, 2(1), 77-96.

Kubando, P. (2022). Analisis Perlindungan Hukum Terhadap Keamanan Rahasia Bank Dalam Menjaga Kepentingan Data Nasabah Berdasarkan Prinsip Kepercayaan Kepada Bank (Studi Kasus Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 64/PUU-X/2012 Tentang Data Nasabah Bank Dan Simpanannya Untuk Kepentingan Harta Gono Gini Dalam Perkara Perdata Perceraian (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Sjamsuddin, R. M. (2015). Perlindungan Hukum Bagi Nasabah Dalam Bentuk Rahasia Bank. Lex Privatum, 3(4).

Zaini, Z. D. (2019). Analisis Yurisdis Perlindungan Hukum Nasabah Bank terhadap Kerahasiaan Bank di Indonesia. Recital Review, 1(1), 32-49.

Adrian Sutedi, S. H. (2023). Hukum Perbankan: Suatu Tinjauan Pencucian Uang, Merger, Likuidasi, dan Kepailitan. Sinar Grafika.

Atsar, A., & Apriani, R. (2019). Buku Ajar Hukum Perlindungan Konsumen. Deepublish.

Hamid, A. H., & SH, M. (2017). Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia (Vol. 1). SAH MEDIA.

Kristiyanti, C. T. S. (2022). Hukum perlindungan konsumen. Sinar Grafika.

Nasution, A. (2017). Sekilas hukum perlindungan konsumen. Jurnal Hukum & Pembangunan, 16(6), 568-581.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v7i1.133-137

Article Metrics

Abstract view : 256 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Justitia : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora