MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PIDATO PERSUASIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SISWA SMP NEGERI SATU ATAP 2 PAYUNG KABUPATEN KARO
Abstract
Model pembelajaran menjadi faktor penting saat dilakukan proses pembelajaran karena model pembelajaran merupakan suatu rencana yang membantu berdasarkan keberlansungan proses belajar dan dapat terlaksana sesuai dengan tujuan pembelajaran. Sehingga diperlukan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan menulis teks tidato persuasif siswa kelas IX SMP Negeri Satu Atap 2 Payung Kabupaten Karo. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menerapkan model pembelajaran problem based learning. (2) mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks pidato persuasif yang didapatkan melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Hasil yang diperoleh dari tiga orang observer yaitu pada kelas eksperimen skor nilai rata-rata untuk pelaksanaan = 86%, Reaksi = 86% dan Keaktifan = 80% dengan kategori sangat aktif. Sedangkan pada kelas kontrol skor nilai rata-rata untuk Pelaksanaan = 53%, Reaksi = 55% dan Keaktifan = 51% dengan kategori kurang aktif. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks pidato persuasif SMP Negeri Satu Atap 2 Payung Kabupaten Karo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad dan Hendri. 2015. Mudah Menguasai Bahasa Indonesia. Bandung: CV Yrama widya.
Anshari, dkk. 2011. Matakuliah Pengembangan Kepribadian Bahasa Indonesia.
Makassar: Badan penerbit UNM.
Arifin, Zaenal dan S. Amran Tasai. 2009. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi sebagai Mata Kuliah Pengembangan kepribadian (MPK). Jakarta: Akademia Pressindo.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Budiman, Arya. 2015. Jago Pidato, Mc, Penyiar. Yogyakarta: Araska.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Bandung: Rajawali Pers.
Enre, Fachruddin Ambo. 1994. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Haling, Abdul. 2007. Belajar Dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Hastuti, Catarina Sri dan Joko J.W.S. 2002. Bahasa Indonesia SMA. Yogakarta: Sony Sugema College intersolusi.
Indriyana, Hasta dan Handayaningsih, Sri. 2015. Pintar Bahasa Indonesia Super Lengkap (Untuk Pelajar, Mahasiswa, & Umum ). Yogyakarta: Indonesia Tera.
Keraf, Gorys. 2004. Komposisi. Flores, NTT: Nusa Indah.
Maliki, Imam. 1999. Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia. Surabaya: Usaha Nasional.
Muda, Fabianus R. 2016. Kemampuan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas IX SMP Negeri 03 Makassar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar: FBS UNM.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Priyatni, Endah Tri. 2017. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Purwanto, M. Ngalim. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Retorika Modern. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Riskah. 2012. Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Menyusun Teks Pidato
Soli Abimanyu, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Direktotar Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Suriana, Abdul Halim, dan Mursal. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Usaha Dan Energi Ditinjau Dari Gaya Berfikir Siswa Di MTsN Rukoh Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. Vol 04. No 02. Hal 127-139.
U. Setyorini, S.E, Sukisno, B. Subali. 2011 . Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemanpuan Berfikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. ISSN 16
Article Metrics
Abstract view : 3486 timesPDF - 885 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.