PELAYANAN KESEHATAN BERUPA KONSELING SECARA FARMAKOLOGI DAN NON FARMAKOLOGI PENYAKIT HIPERTENSI SECARA HOME CARE DI RT. 08 DAN 11 KELURAHAN PAKUAN BARU

Rasmala Dewi, Iid Fitrur R, Dhea Sagita, Mera F, Puti Puspa, Ria S, Riska D, Siska D, Sri R, Vika Nur

Abstract


Perkembangan penyakit Hipertensi di Indonesia mengalami peningkatan kasus yang dialami masyarakat Indonesia. Tercatat peningkatan yang cukup tinggi pada kasus prevelensi Hipertensi sebesar 25,8%. Untuk di Provinsi Jambi, Angka kejadian penyakit Hipertensi di Provinsi Jambi meningkat dalam lima tahun terakhir. Dalam laporan Riskedas 2018 menunjukkan angka kejadian penyakit pada penduduk usia 18 tahun yaitu 28,99%. Sedangkan data yang diambil di Puskesmas Kelurahan Pakuan Baru pada tahun 2020, penyakit Hipertensi menduduki peringkat ke-2 dengan jumlah penduduk yang mengalami penyakit Hipertensi sebesar 4.189. Dalam pengabdian masyarakat di Kelurahan Pakuan Baru yang sudah dilakukan, terdapat metode secara farmakologi dan non farmakologi. Metode farmakologi berupa melakukan cek kesehatan secara gratis. Sedangkan metode Non Farmakologi berupa pemberian informasi tentang penggunaan obat dari tanaman herbal contohnya ubi jalar ungu dan terapi untuk mengobati Hipertensi. Berdasarkan hasil pengabdian masyarakat tersebut, terdapat peningkatan kepatuhan masyarakat dalam minum obat secara teratur, dan masyarakat memiliki kesadaran untuk menjaga pola hidup sehat. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan pengetahuan penderita Hipertensi dengan kepatuhan minum obat antihipertensi di wilayah Pakuan Baru, Provinsi Jambi.


Keywords


hipertensi, kepatuhan minum obat, pengetahuan, tanaman herbal, ubi jalar ungu.

Full Text:

PDF

References


Nida El Husna,. (2013). KandunganAntosianinDan Aktivitas Antioksidan Ubi Jalar Ungu Segar Dan Produk Olahannya.Agritech, FakultasPertanianUniversitasSyiah Kuala Vol. 33(3).

Kemenkes RI. Hiperteensi.InfpodatinPusat Data danInformasiKementrianKesehatan RI. 2014; (Hipertensi);1-7.

World Health Organization. Global Health Estimates 2016; Deaths by cause, Age, Sex, by country and by region, 2000-2016 ; 2018

Dewi Anggriani Harahap,. (2019). Hubungan Pengetahuan Penderita Hipertensi Tentang Hipertensi Dengan Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Kampa Tahun 2019. Jurnal Ners, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai : Vol 3(2) tahun 2019.

Erica Kusuma Rahayu Sudarsono,. et al (2017). Peningkaran Pengetahuan tentang Hipertensi Guna Perbaikan Tekanan Darah pada Anak Muda Dusun Japanan, Margodadi, Sayegan, Sleman, Yogyakarta. Fakultas Farmasi dan psikologi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta : Vol. 3 (1)


Article Metrics

Abstract view : 1599 times
PDF - 608 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.