ANALISIS LAYANAN ADMINISTRASI PEMERINTAHAN PADA BIRO UMUM SEKRETARIAT DAERAH PROVINSI RIAU
Abstract
Tugas dan Fungsi Biro Umum Tugas Biro Umum yaitu menyelenggarakan perumusan kebijakan, monitoring, pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas manajerial dan teknis yang meliputi Bagian Tata Usaha Umum dan Rumah Tangga Pimpinan, Bagian Keuangan Sekretariat Daerah, Bagian Perlengkapan Sekretariat Daerah, dan Bagian Protokol Dan Persandian, dan penyelenggaraan tugas lainnya yang tidak menjadi tugas dan fungsi SKPD yang lain, dan penyelenggaraan tugas teknis lainnya yang tidak menjadi tugas dan fungsi biro dan SKPD yang lain. Tujuan kegiatan magang ini adalah:Dapat melihat proses kerja di Kantor Gubernur Riau. Mengetahui struktur organisasi di Kantor Gubernur Provinsi Riau Dapat mengetahui cara mengelola pada penerimaan surat masuk dan penerimaan surat keluar. Dapat mengetahui yang namanya etika kerja, disiplin di dalam dunia kerja. Berdasarkan laporan kerja praktek diatas tentang “Prosedur Pengelolaan Surat Masuk pada Sub Bagian Tata Usaha Biro Umum Kantor Gubernur Riau”, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Pencatatan surat masuk pada Sub Bagian Tata Usaha Biro Umum terdiri dari tiga sarana pencatatan yaitu agenda surat masuk (komputer), buku agenda surat masuk (manual) dan lembar pengantar surat. Prosedur Pengelolaan surat masuk pada Sub Bagian Tata Usaha Biro Umum dapat dikatakan baik dan lancar. Prosedur surat masuk pada Sub Bagian Tata Usaha Biro Umum terdiri atas 1) penerimaan surat, 2) membaca dan meneliti surat, 3) penyortiran surat, 4)mengelompokkan surat, 5) mencatat dan menginput surat, 6) penandatangan surat, 7) pendistribusian surat, 8) penyimpanan arsip lembar pengantar surat, 9) menunggu surat turun, 10) menerima surat turun, 11) menginput dan mencatat surat turun, 12) pendistribusian surat turun, 13) penyimpanan arsip lembar pengantar. Prosedur pengarsipan surat masuk, lembar pengantar surat dan tanda terima undangan pada Sub Bagian Tata Usaha Biro Umum yaitu menggunakan sistem tanggal
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Peraturan Gubernur. (2015). Rincian Tugas, Fungsi dan Tatakerja Sekretariat Daerah Provinsi Riau. Pekanbaru: Pemprov Riau
R, Sri Endang., Sri Mulyani, dan Suyetty. (2009). Menangani Surat Masuk dan Keluar (Mail Handling). Jakarta: Erlangga.
Sumpriana, Euis dan Gina Madiana. (1999) . Surat Niaga dan Kearsipan. Bandung: Armiko
Widyantoko, Indra. (2013). Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Pada Kantor Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. (Online).
Tersedia: http://lib.unnes.ac.id/18124/1/7351308007.pdf (2
https://journal.uir.ac.id/index.php/kiat/article/view/2784
https://jurnal.stialan.ac.id/index.php/jpap/article/view/549
Article Metrics
Abstract view : 48 timesPDF - 20 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.