EFEKTIFITAS PROGRAM SISTEM INFORMASI PELAYANAN TERPADU KEPENDUDUKAN (SIPENDUDUK) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU

Fitri Fitriani Pratiwi, Ahmad Fitra Yuza

Abstract


Sistem Informasi Pelayanan Terpadu Kependudukan (SIPENDUDUK) merupakan program yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru yang berguna untuk membantu masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas program Sistem Informasi Pelayanan Terpadu Kependudukan (SIPENDUDUK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dari program tersebut. Fenomena pada penelitian ini yaitu masih banyak masyarakat belum mengetahui program SIPENDUDUK, masih belum semua kalangan yang dapat menggunakan website SIPENDUDUK, dan keterbatasan pengerjaan dokumen oleh petugas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektitas menurut Champbell J.P (dalam Dyah Mutiarin, 2014 : 96-97) memiliki 5 indikator yaitu keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, tingkat output dan input dan pencapaian tujuan menyeluruh. Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang mana penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menggambarkan peristiwa ataupun fenomena yang terjadi dilapangan dan menyajikan data secara teratur, sesuai fakta, dan membahas mengenai fenomena-fenomena atau fakta-fakta yang terjadi dilapangan. Penulisan ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masyarakat masih harus datang terlebih dahulu ke kantor dan program Sistem Infomasi Pelayanan Terpadu Kependudukan (SIPENDUDUK) ini belum cukup friendly pada mekanisme SIPENDUDUK. Saran dari penulis adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru untuk mengadakan sosialisasi kembali secara detail kepada UPTD Kecamatan

Full Text:

PDF

References


Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 3 Tahun 2003 Tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government

Komariah, D. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.

Lexy, J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maulidiah, S. (2014). Pelayanan Publik;Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) . Jakarta: Indra Prahasta.

Parsaorantua, P. humisar, Pasoreh, Y., & Rondonuwu, sintje A. (2017). Implementasi teknologi informasi dan komunikasi. Acta Diurna, VI(3), 1–14.

Peraturan Daerah Provinsi Riau Nomor 6 Tahun 2015 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi dan Keterbukaan Informasi

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 30 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik

Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 107 Tahun 2021 Tentang Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik


Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.