INOVASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN TERPADU KEPENDUDUKAN (SIPENDUDUK) DALAM PELAYANAN KEPENDUDUKAN PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA PEKANBARU

Dea Septiana Muflida, Syahrul Akmal Latif, Ranggi Ade Febrian

Abstract


Sebagai bentuk langkah yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru dalam mengubah administrasi data kependudukan adalah dengan berupaya melalui inovasi pelayanan dalam jaringan berupa website sipenduduk yang dapat diakses melalui sipenduduk.pekanbaru.go.id. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Inovasi Sistem Informasi Pelayanan Terpadu Kependudukan (Sipenduduk) Dalam Pelayanan Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru beserta faktor penghambatnya. Adapun permasalahan dalam tesis ini yaitu kurangnya sosialisasi, inovasi sipenduduk dan keterbatasan pengetahuan tentang teknologi digital dari masyarakat. Adapun jenis penelitian dalam penulisan tesis ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang mana penelitian ini mengeksplor dan menganalisa untuk memberikan arti dan makna dalam pemecahan masalah. Data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Sehingga dengan demikian dapat diperoleh penjelasan dan gambaran atas topik penelitian yang sesuai dengan judul penelitian. Penulisan ini terdiri dari data primer yaitu penelitian berupa wawancara, dokumentasi serta observasi dan data sekunder yang diperoleh yaitu dengan hasil wawancara dalam penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah kurangnya sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru dikarenakan keterbatasan APBD sehingga mengakibatkan kurang pahamnya masyarakat terkait dengan mekanisme website sipenduduk.pekanbaru.go.id. Saran dari pennulis adalah diharapkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru mengadakan Sosialisasi kembali secara langsung, membuat website Sipenduduk lebih sederhana dan mudah di buka oleh semua kalangan, selalu membagikan informasi mengenai pengurusan dokumen administrasi kependudukan melalui media sosial yang dimiliki, serta memperbaiki kualitas jaringan yang sering down.


Keywords


Inovasi, Pelayanan, Website

Full Text:

PDF

References


Dharmanu, I. P. (2017). Modernisasi dan Inovasi dalam Pelayanan Publik Melalui E-Government di Kota Denpasar. Adhum: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Ilmu Administrasi dan Humaniora, 7(2), 93-108.

Febrian, R. A., Rahman, K., Mulianto, B., Ali, Z., Razman, M. R., Majid, N. A., & Zakaria, S. Z. S. (2020). Regional innovation system in Riau Province, Indonesia. Ecology, Environment and Conservation Journal Papers, 26(4), 1639-1646.

Febrian, R. A., Rahman, K., Yuza, A. F., & Zainal, Z. (2023). Local government innovation model in Pekanbaru City, Indonesia: a study of public service mall. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 13(2), 302-314.

https://disdukcapil.pekanbaru.go.id/

Lexy J, M. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Daerah Provisi Riau Nomor 6 Tahun 2015 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi dan Keterbukaan Informasi

Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 107 Tahun 2021 Tentang Sistem Pelayanan Berbasis Elektronik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 164 Tanggal 30 Desember Tahun 2021 tentang Kedudukan

Polii, R. R., Rindengan, Y. D. Y., & Karouw, S. (2017). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Desa Berbasis Web Model Government-to-Citizen. Jurnal Teknik Informatika, 12(1).

Prabowo, H. &. (2022). Inovasi Pelayanan Pada Organisais Publik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.