EVALUASI PROGRAM SIGNAL DALAM UPAYA PENINGKATAN PENERIMAAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (STUDI UNIT PELAKSANA TEKNIS PENGELOLAAN PENDAPATAN KUBANG BAPENDA PROVINSI RIAU)

M.Harry Yuditra, Dita Fisdian Adni

Abstract


Aplikasi SIGNAL merupakan pelayanan pengesahan STNK Tahunan, Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Lalu Lintas Angkutan Jalan. Aplikasi ini mulai ditetapkan pada tahun 2022. Namun terjadi permasalahan terkait penerapannya, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai penting dan wajibnya membayar pajak dan kurangnya pemahaman akan proses pembayaran pajak melalui inovasi aplikasi Signal Riau itu sendiri, Hal ini juga disebabkan karena ketergantungan sistem dan koneksi internet yang bisa menyebabkan sistem eror, serta proses pembayaran yang cukup panjang, sehingga banyak Wajib Pajak memilih cara manual daripada menggunakan aplikasi Signal Riau. Adapun tujuan untuk menilai pelaksanaan Program Signal Dalam Upaya Peningkatan Penerimaan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Pendapatan Kubang Kecamatan Siak Hulu)serta hambatannya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, kualitatif;. Informan dalam penelitian ini adlah Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Pendapatan Kubang Bapenda Provinsi Riau, pegawai serta masyarakat yang membayar pajak. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwasaannya pembayaran pajak secara online atau sering disebut program signal belum berjalan dengan baik hal ini dikarenakan wajib pajak belum mengetahui sepenuhnya mengenai program signal bahwasanya dapat mempermudah wajib pajak dalam pembayaraan dan terhindar dari denda keterterlambatan membayar pajak. Faktor penghambat yang mempengaruhi dalam pembayaran oline atau program signal adalah kurangnya sosialisasi dari pihak UPT Pengelolaan Pendapataan Kubang, kurangnya dukungan dan respon wajib pajak, kurangnya sarana dan prasarana. Kurangnya partisipasi pegawai UPT Pengelolaan Pendapatan Kubang dan wajib pajak kendaraan bermotor dalam memberikan informasi mengenai pelaksanaan program signal.


Keywords


Evaluasi, Program Signal, Pajak Kendaraan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam. 2016. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz. Media.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Dunn, William N., 2003, Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta,. Gajah Mada.

Hadari Nawawi.2005.Penelitian Terapan.Yogyakarta:Gajah Mada.

Mahi M. Hikmat.2011 Metode Penelitian Yogyakara: Graha Ilmu.

Miles dan Huberman. 1992. Analisis data Kualitatif. (diterjemahkan Ole: Tjetjep Rohedi Rosidi). Jakarta: Universitas Indonesia.

Moenir. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara, Jakarta.

Ndraha, Taliziduhu. 2006. Pelayanan Publik. Jakarta:Rineka Cipta.

Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Syafiie, Inu Kencana, 2007. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia. Mandar Maju, Bandung.

Terry, George R. dan Rue, Leslie W., 2005. Dasar-dasar Manajemen, PT. Bumi Aksara. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF - 97 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.