PENGAWASAN DINAS PERHUBUNGAN KOTA PEKANBARU DALAM MENERTIBKAN KENDARAAN BERMUATAN LEBIH (STUDI KASUS JALAN H.R SOEBRANTAS KECAMATAN BINAWIDYA)

mutiara miftahul rizky, Ahmad Fitra Yuza

Abstract


Untuk mengetahui pelaksanaan Pengawasan dan Untuk mengetahui faktor penghambat Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru dalam menertibkan kendaraan bermuatan lebih yang masuk ke Kawasan Kota Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ialah Berkaitan dengan pengawasan kendaraan bermuatan lebih seharusnya adalah tugas dari balai pengelolaan transportasi darat (BPTD) Rambu-rambu yang dimiliki oleh pengaturan lalu lintas Kota pekanbaru sudah lengkap serta beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti portal-portal juga  dimiliki oleh kota Pekanbaru.Penertiban dari pihak Dinas Perhubungan tidak ada karena disitu tidak ada wewenang yang diberikan berdasarkan ketentuan perundang-undangan. Faktor pengambat dan al-hal yang harus dikoreksi didalam pengawasan yanng dilakukan oleh Dinas perhubungan adalah yang pertima menyediakan jembatan timbang pada setiap pintu masuk Kota Pekanbaru, Perlunya dilakukan kerja sama yang baik antara Pemerintahan Kota dan Pemerintahan Provinsi mengingat jalan di Kota Pekanbaru Bukan Hanya jalan kota saja melainkan juga ada jalan antar provinsi. Perlu dilakukan penertiban dan pengawasan yang dilakukan dari pihak-pihak terkait sehingga dapat dilakukan penertiban seperti misalnya dengan kepolisian agara dapat dilakukan tilang. Masyarakat serta para pengendara hendaknya menaati segala aturan yang telah dibuat oleh pihak pemerintah dan undang-undang. Saran penulis dalam penelitian ini adalah Seharusnya Pemerintah Kota Pekanbaru membuat Jembatan timbang pada setiap pintu masuk Kota Pekanbaru. Seharusnya Kerjasama antara pihak pemerintah kota dan pemerintah provinsi, BPTD dan kepolisian harus sering dilakukan untuk melaksanakan penertiban dan memberikan sanksi. Seharusnya Masyarakat atau para pengendara bersikap Taat terhadap segala aturan yang telah dibuat oleh pihak pemerintah dan undang-undang tentang lalu lintas dan angkutan jalan.


Keywords


Pengawasan, Dinas Perhubungan, Menertibkan

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2016). Desain penelitian. Pendekatan Kualitatif & Kuantitatif,Jakarta: KIK, 121–180.

Creswell, J. W., & Tashakkori, A. (2017). Developing publishable mixed methods manuscripts. In Journal of Mixed Methods Research (Vol. 1, Issue 2, pp.107–111).Sage Publications Sage CA: Los Angeles ,CA.

Darodjat,T.A.(2015).Konsep-konsep dasar manajemen personalia masa kini. Bandung:Refika Aditama.

De Cenzo, D.A., Robbins,S.P., &Verhulst, S.L. (2016).Fundamentals of human resource management. John Wiley&Sons.

Handoko,T. H. (2014). Manajemen sumber daya manusia.Yogyakarta:Bpfe.

Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Buku. Jakarta: BumiAksara.

Huberman,M.,&Miles,M.B.(2017).The qualitative research her’scompanion. sage.

Labolo, M. (2015). Dinamika politik dan pemerintahan lokal. Ghalia Indonesia.Moleong, L. J. (2016). Metedologi penelitian kualitatif (Vol. 2448). Kakek nenek.Muhammad,A. (2014). Komunikasi organisasi.

Munawar,A.(2016).Perencanaan Angkutan Umum Perkotaan Berkelanjutan. Unisia,59,53–59.

Rasyid,M.R. (2014). Penjaga hati nurani pemerintahan.

Robbins,R.,Jackson,C.L., Underwood,P.,Vieira,D.,Jean-Louis, G.,&Buxton, O.M. (2019). Employeesleep and work place health promotion: a systematic review. American Journal of Health Promotion,33(7),1009–1019.

Siagian, A., & Penerbit, T. T. (2018). Pajak Daerah SebagAI Sumber Keuangan Daerah. Jakarta, Institut Ilmu Pemerintahan, (Tanpa Tahun Penerbit).

Siagian,S.P.(2015).Fungsi-fungsi manajerial.

Siagian,S.P.(2018).Manajemen sumber daya manusia.

Silalahi, U., & Atif, N. F. (2015). Metode penelitian sosial kuantitatif. Refika Aditama.

Sugiyono,D.(2015).Memahami penelitian kualitatif. Yogyakarta: Andi

Sukarjo,J.,&Sukarna,T.(2023).PAK MENURUT KITAB KEJADIAN. JURNAL KADESI, 5(1),23–42.

Suradinata, D. R. E. (2013). Membangun Daerah Menuju Indonesia Bangkit. Elex Media Komputindo.

Suradinata, E. (2014). Geopolitik Dan Geostrategi Dalam Mewujudkan Integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia.Jurnal Ketahanan Nasional,6(2).

Taliziduhu,N.(2013).Kybernology: ilmu pemerintahan baru. Rineka Cipta.

Terry, G. L. (2014). A Study of the Disposition of Government-owned War Plants and Equipment. Graduate School of Artsand Sciences,University of Pennsylvania.

Terry, G. R., & Rue, L. W. (2015). A guide to supervision. Learning Systems Company.

Warsito,B.(2019). Kapita Selekta Statistika Neural Network.


Article Metrics

Abstract view : 88 times
PDF - 15 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.