(1) * Nurul Arifah Zahra Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(2) Fitrah Aulia Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(3) Riski Ananta Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(4) Jarki Harahap Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(5) Abdul Rahman Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
(6) Jumaita Nopriani Lubis Mail (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pondok Pesantren Tahfidz Wadi’ Al-qur’an Salah satu Pondok Pesantren yang memiliki program Tahfizh Al-qur’an dengan menggunakan metode Sima’I yang menargetkan siswanya mampu menghafal 30 Juz Al-qur’an dalam kurun waktu 3 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Metode Sima’I dalam menghafal Al-qur’an Pondok pesantren Tahfizh Wadi Al-qur’an. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang menggunakan studi lapangan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah tujuan diselenggarakan kegiatan menghafal Al-qur’an menjadikan siswa lebih lancar dalam membaca dan menghafal Al-qur’an walaupun secara perlahan-lahan. Langkah-langkah pelaksanaannya dimulai dengan kegiatan awal : membaca surah Al-fathihah, kemudian kegiatan inti : memperdengarkan ayat yang akan dihafalkan dengan bantuan alat/audio kemudian disetorkan secara bergiliran. Peneliti terjun langsung kelapangan untuk mengetahui dan mengumpulkan data-data mengenai metode dalam menghafal Al-Qur’an. Salah satu metode menghafal alqur’an yang dapat membantu kita dengan cepat menghafal adalah metode Sima’i. Sima’i dalam hal ini adalah metode untuk mempertahankan hafalan, atau biasa disebut dengan istilah sima’an. Sima’an dapat dilakukan dengan teman sebaya, senior ataupun kepada guru yang membantu proses menghafal dengan tujuan memeudahkan santri dalam menghafal Al-Qur’an dengan mendengarkan lantunan ayat al-quran secara berulang-ulang.

Kata Kunci: Metode Sima’I, Menghafal Al-qur’an, Pondok Pesantren

          

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


‘Aini, S., & Praptiningsih. (2023). Implementasi Metode Sima’i Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Pada Pembelajaran Tahfidz. Al-Mau’izhoh, 5(2), 319–325. https://doi.org/10.31949/am.v5i2.7094

Ahmad Asief, R. A. (2023). Pengaruh Implementasi Metode Sima’I Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang Tahun 2022. 17.

Arina. (2023). Implementasi_Metode_Simai_dalam_Hafalan_Al-Quran. Journal on Education, 06(01), 1232.

Bahruddin. (2022). Al-Qur’an Dan Cara Menghafalnya. Cv. Eureka Media Aksara, 25.

Fuad Imdadur Rohman. (2022). Upaya Ustad Dan Santri Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Di Pondok Tahfidz Modern Al-Aqsho Kudus Tahun 2021. 7.

Ii, B. a B., & Metode, P. (2017). KERANGKA TEORI A . Implementasi Metode Sima ’ i dalam Menghafal. 9–38.

Karya Hsb, A. (2022). Strategi Meningkatkan Kemampuan Al-Qur’an Pada Sdit Ash Shiddiqiyah Serua Indah Ciputat Tangerang Selatan. 11.

Kurniawan, A., Mahmud, R., Rahmatika, Z., Mustafa, M., Maksum, R., & Jumini, S. (2022). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.

Liliawati, L. A., & Ichsan, A. S. (2022). Implementasi Metode Sima’i pada Program Tahfiz Alquran. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 7(1), 34–59. https://doi.org/10.32505/al-azkiya.v7i1.3620

Lilis Karlina Padang. (2021). Implementasi Metode Sima’I Dalam Menghafal. 1–86. http://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimpai/article/view/1048

Pokhrel, S. (2024). No Title?????. ????, 15(1), 37–48.

Qardhawi, Y. (n.d.). Menghafal Al-Quran.

Rikardo, R. (2019). Pembelajaran Tahfidz Al-Qur`An Di Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Qur`An Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah I Tesis. In Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents (Vol. 7, Issue 1). https://www.bertelsmann-stiftung.de/fileadmin/files/BSt/Publikationen/GrauePublikationen/MT_Globalization_Report_2018.pdf%0Ahttp://eprints.lse.ac.uk/43447/1/India_globalisation%2C society and inequalities%28lsero%29.pdf%0Ahttps://www.quora.com/What-is-the

Rodríguez, Velastequí, M. (2019). No Title. 1–23.

SHELEMO, A. A. (2023). No Title????. In Nucl. Phys. (Vol. 13, Issue 1).

Ummah, M. S. (2019). Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari

Zubaidi, A., Fauzi, A., & Iqbal, M. (2023). Metode Sima’an Bil Ghoib; Upaya Memperlancar Hafalan Al-Qur’an Santri di Pesantren. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(8), 5968–5973. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2218


Refbacks

  • There are currently no refbacks.