(1) * Emma Puspa Ningsih Mail (universitas muhammadiyah tapanuli selatan, Indonesia)
(2) Muksana Pasaribu Mail (universitas muhammadiyah tapanuli selatan, Indonesia)
(3) Mira Rahmayanti Sormin Mail (universitas muhammadiyah tapanuli selatan, Indonesia)
(4) Darliana Sormin Mail (universitas muhammadiyah tapanuli selatan, Indonesia)
(5) Rosmaimuna Siregar Mail (universitas muhammadiyah tapanuli selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Metode penelitian yang digunakan peneliti pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan strategi pelaksanaan rutinitas ibadah di kelas VIII-A SMP Islam Terpadu Darul Hasan, (2) mendeskripsikan kendala dan upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan rutinitas ibadah shalat dhuha di kelas VIII-A SMP Islam Terpadu Darul Hasan, dan (3) mendeskripsikan dampak dari rutinitas shalat dhuha di SMP Islam Terpadu Darul Hasan Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan datanya dengan Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analias data meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi guru wali kelas VIII-A adalah dengan menggunakan strategi campuran antara pembelajaran langsung dan tidak langsung. Kendala yang dihadapi yaitu kelambatan siswa pada saat berwudhu serta kurangnya toilet. Upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan hukuman bagi siswa yang terlambat mengikuti shalat dhuha, dan menganjurkan siswa perempuan agar berwudhu di rumah terlebih dahulu. Dampak dari rutinitas ibadah shalat dhuha di sekolah adalah siswa terbiasa menjalani rutinitas ibadah dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari. Dibuktikan dengan adanya dampak positif dari pelaksanaan program shalat dhuha ini, yaitu dapat memperkuat keimanan siswa, selain itu pikiran dan hati siswa juga menjadi lebih tenang, sehingga akan memperlancar proses belajar.

Kata Kunci: Strategi guru, Rutinitas, Ibadah

          

Article metrics

Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Abdul Rahman. (2022). Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8456.

Abdullah. (2021). My Habits: Strategi Sederhana Mengubah Kebiasaan. Guepedia.

Ali Mustofa dan Arif Muadzin. (2021). Konsepsi Guru Sebagai Fasilitator dan Motivator Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Of Islamic Education, 7(2), 175.

Azkia Nurfajrina. (2022). Tiga Ajaran Pokok Dalam Islam Beserta Penjelasannya.

Eko Safutra, Aulia Paramita, dan S. (2023). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa SMP Nabil Husein Samarinda. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(3).

Gita Rahmayanti. (2023). Implementasi Kurikulum Sekolah Islam Terpadu Dalam Pembentukan Karakter Sohihul Ibadah Peserta Didik di SMP IT Bina Masyarakat Mandir. Al-Kaff: Jurnal Sosial Humaniora, 1(2), 139.

Kandiri Mahmudi. (2018). Penerapan Sholat Dhuha Dalam Peningkatan Morah Siswa di Sekolah. Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 3(1), 14.

Khoirul Abror. (2019). Fiqh Ibadah. Phoenix Publisher.

Khotimatul Husna, dan M. A. (2021). Ibadah dan Praktiknya Dalam Masyarakat. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 4(2).

Latif Syaipudin dan Idah Nurfajriya Awwalin. (2021). Rutinitas Pembelajaran Tingkat SD/MI Ditinjau Dari Dampak Pandemi Covid 19, Studi Kasus di MI Al-Muhajirin Latukan Karanggeneng Lamongan. Edukasi: The Journal Of Educational Research, 1(1).

M. Sholahuddin, S. S. (2021). Fiqih Ibadah. Tim UNWAHA Press.

Naning, K. (2016). Strategi dan Metodologi Pengajaran. Arfino Raya.

Nurul Ade Irma. (2022). Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa Madrasah Aliyah Negri Palopo. IAIN Palopo.

Palahudin, Muhammad Eri Hadiana, dan H. B. (2020). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(1).

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.