
(2) Samsidar Lubis

(3) Mira Rahmayanti Sormin

(4) Rosmaimuna Siregar

(5) Abdollah Rahmat Harahap

*corresponding author
AbstractSkripsi ini berjudul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Budaya belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di kelas XI SMA Negeri 1 Barumunâ€. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peran guru PAI di SMA Negeri 1 Barumun dalam meningkatkan budaya belajar siswa kelas XI, Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode kualitatif adalah suatu metode yang menggambarkan gejala-gejala yang ada saat penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Selanjutnya pengolahan data menggunakan tiga langkah utama dalam penelitian yaitu : reduksi data, display data dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini, maka diperoleh kesimpulan bahwa “Budaya belajar siswa pada saat pembelajaran di kelas adalah: (1) Bertanya saat pembelajaran; (2) Memperhatikan dengan baik; (3) Mengerjakan tugas yang diberikan; (4) Mencari guru untuk mengisi pembelajaran; dan (5) Mengikuti pembelajaran dengan baik dan antusias tinggi. Indikator budaya belajar siswa pada saat di luar kelas di dalam sekolah adalah: (1) Belajar untuk pelajaran yang akan datang; (2) Mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh; (3) Menggunakan waktu luang dengan/ untuk belajar; (4) Menanyakan/ Mendiskusikan pelajaran bersama teman/ guru; (5) Menanyakan nilai hasil test kepada guru; dan (6) Memperbandingkan nilai hasil test bersama temanâ€.
|
Article metricsAbstract views : 600 | PDF views : 69 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Ahmadi, Abu. (2017). Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta. 67.
Ahmadi. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. 128
Bahri Djamarah, Syaiful. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.31
Hamalik, Oemar. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. 36
Hariyanto, Suyono. (2014). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 187
Maunah, Binti. (2013). Landasan Pendidikan. Yogyakarta: Teras. 139
Nana Syaodih,, R.Ibrahim. (2013). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta. 67
Poerwadarminta, WJS. (2012). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. 57
Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. 2
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta. 1
----------- (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 7-8
Syaodih Sukmadinata, Nana. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya. 3
Tim Penyusun. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 130-131
Toha, Chabib. (2014). Metodologi Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 5
Undang-Undang SISDIKNAS (2010). Tim Fokus Media. Jakarta: Fokus Media. 26
Refbacks
- There are currently no refbacks.