NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, Vol 11, No 11 (2024)

THE EFFECT OF CREDIBILITY AND TRUST ON THE PURCHASE DECISION OF SAMSUNG GALAXY SERIES SMARTPHONE PRODUCTS WITH AL GHAZALI BRAND IMAGE ENDORSEMENT AS AN INTERVENING VARIABLE

Amir Prasojo, Novardi Bros, Aty Herawati, Aam Bastaman

Abstract


Persaingan yang ketat di bidang elektronik, terutama smartphone, memaksa perusahaan untuk menjadi inovatif dan kreatif dalam pemasaran untuk menarik dan mempertahankan pembeli, di samping peningkatan penjualan perangkat yang sedang berlangsung. Studi ini mengkaji dampak kredibilitas dan kepercayaan, yang dimediasi oleh citra merek, pada keputusan pembelian. Menggunakan smartphone Samsung Galaxy Series sebagai objek penelitian, sampel 385 peserta dipilih Studi ini menggunakan Pemodelan Persamaan Struktural Kuadrat Terkecil Parsial (PLS-SEM) untuk analisis data, menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3. Temuan menunjukkan bahwa (1) Kredibilitas tidak memengaruhi keputusan pembelian karena faktor-faktor seperti persepsi konsumen yang kritis dan fokus pada harga dan fitur. (2) Kepercayaan tidak mempengaruhi keputusan pembelian karena faktor-faktor seperti tingkat kepercayaan yang tinggi, fokus pada harga dan spesifikasi, serta ketergantungan pada ulasan pengguna dan rekomendasi dari teman memiliki pengaruh yang lebih besar. (3) Kredibilitas tidak memengaruhi citra merek karena faktor-faktor termasuk persepsi konsumen yang kritis terhadap dukungan selebriti, citra merek Samsung yang sudah kuat, dan skeptisisme terhadap motif komersial dukungan selebriti. (4) Kepercayaan memang mempengaruhi citra merek karena kepercayaan konsumen menjadi kunci citra merek, validasi sosial dari Al Ghazali, dan peningkatan loyalitas. (5) Citra merek secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian karena faktor-faktor seperti inovasi merek, dukungan selebriti, strategi pemasaran yang efektif, dan dampak media sosial yang memperkuat keputusan pembelian konsumen. (6) Kredibilitas yang dimediasi oleh citra merek tidak secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian karena faktor-faktor seperti desain produk, pemasaran, dan pengalaman pelanggan. Kredibilitas saja tidak cukup jika tidak diterjemahkan dengan jelas ke dalam atribut merek atau jika aspek lain mendominasi persepsi merek. (7) Kepercayaan yang dimediasi oleh citra merek secara signifikan memengaruhi keputusan pembelian karena kredibilitas membentuk persepsi positif