STRATEGI KOMUNITAS 1000 GURU SURABAYA DALAM MEMBERIKAN INFORMASI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

(1) * Reza Fauziah Mail (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia)
(2) Saifuddin Zuhri Mail (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pergeseran masyarakat dalam mengetahui informasi melalui media sosial. penggunan media sosial terbanyak di Indonesia salah satunya Instagram. Kemudahan yang dihadirkan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan informasi baik untuk diri sendiri maupun kelompok baik komunitas, instansi maupun organisasi dan juga lainnya.  Penelitian  ini  membahas  mengenai  strategi  komunitas  melalui  akun  media  sosial  Instagram @1000_guru_sby. Penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi komunitas 1000 Guru Surabaya dalam memberikan Informasi melalui media sosial instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif dengan teknik wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh akun Instagram komunitas 1000 Guru Surabaya  menggunakan strategi komunikasi yang mencakup Memilih dan Menetapkan Komunikator, Menetapkan Target Sasaran, Teknik Menyusun Pesan, Memilih Media atau Saluran Komunikasi.


Keywords


Strategi Komunikasi, Instagram, Komunitas

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v10i1.2023.41-46
      

Article metrics

10.31604/jips.v10i1.2023.41-46 Abstract views : 1156 | PDF views : 564

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Assauri, Sofjan. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Raja Grapindo

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita

Cangara, Hafied. 2013. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. .

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Dimensi-dimensi Komunikasi. Bandung : PT Alumni.

Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara., 2006. Marketing Communication – Taktik dan Strategi. Jakarta. PT Buana Ilmu Populer

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Lexy J, Moleong. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

We Are Social. (2022, Juni). We are Social. Retrieved from wearesocial.com: https://wearesocial.com/digital-2022

Rachmad, Jalaluddin. 2013. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Barata, A. A. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Miles and Huberman 1994.pdf. In Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook.

Surachman. (1982). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung : Tarsito


Refbacks

  • There are currently no refbacks.