
(2) Laila Hayati

(3) Novyandra Ilham Bahtera

*corresponding author
AbstractKabupaten Belitung Timur, Kecamatan Manggar merupakan salah satu daerah yang jumlah destinasi wisata baik alam, budaya, dan buatan cukup tinggi. Hal ini berbanding terbalik dengan pendapatan daerah dari sektor wisata. Maka dari itu, usaha pengembangan pariwisata wajib dilakukan, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial dalam proses pengembangan pariwisata di Kabupaten Belitung Timur, Kecamatan Manggar. Media sosial merupakan suatu kebutuhan masyarakat sehingga penggunaan media sosial terus mengalami peningkatan. Media sosial menjadi wadah bagi masyarakat virtual untuk berinteraksi satu sama lainnya. Dengan karakteristik media sosial tersebut, mdia sosial sangat strategis untuk dimanfaatkan sebagai wadah untuk pengembangan pariwisata di Kabupaten Belitung Timur, Kecamatan Manggar. Pokdarwis Kecamatan Manggar merupakan Mitra dalam program pengabdian kepada masyarakat dengan tema Strategi Pengembangan Pariwisata melalui Pemanfaatan Media Sosial. Integrasi antara Program pengabdian tersebut nantinya akan meningkatkan kapasitas serta keterampilan secara mandiri khalayak sasaran dalam mempraktekkan apa yang telah didapatkan pada saat program berlangsung. Metode pelaksanaan yang digunakan ialah 1) tahap pesiapan, 2) tahap pemberian materi, pelatihan, 3) tahap evaluasi pasca pelatihan. KeywordsMedia Sosial, Pengembangan, Pariwisata
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v9i10.2022.4039-4043 |
Article metrics10.31604/jips.v9i10.2022.4039-4043 Abstract views : 923 | PDF views : 376 |
Cite |
Full Text![]() |
References
Astuti, Yanti Dwi. 2017. “Simulation of Social Reality Through New Media Study on Yogyakarta Students Smartphones Users (Simulasi Realitas Sosial Melalui New Media Studi Pada Mahasiswa Yogyakarta Pengguna Smartphone).†Journal Pekommas 2(1):75.
Atiko, Gita, Ratih Hasanah Sudrajat, and Kharisma Nasionalita. 2016. “Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia (Studi Deskriptif Pada Akun Instagram @indtravel).†Jurnal Sosioteknologi 15(3):378–89.
Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata (Tourism Dan Communication): Pemasaran Dan Brand Destinasi. Jakarta: Prenadamedia Group.
Flew, Terry. 2008. An Introduction (3rd Edition). Sount Melbourne. Sount Melbourne: Oxford University Press.
Journal, Tourism Scientifie, E. Trihayuningtyas, and Y. Adriani. 2018. “Media Sosial Sebagai Sarana Informasi dan Promosi Social Media As A Mean Of Tourism Information And.†4:1–22.
Karman, Karman. 2014. “Media Sosial: Antara Kebebasan dan Eksploitasi.†Jurnal Studi Komunikasi dan Media 18(1):75.
Lyusu, Dyah Shiefti. 2016. Media Sosial: Interaksi Identitas dan Modal Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.
Piliang, Yasraf Amir. 2012. “Masyarakat Informasi Dan Digital.†Ejournal. Radenintan. Ac. Id 27(11):143–56.
Romadhan, Mohammad Insan, and Dewi Sri Andika Rusmana. 2017. “Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat.†Prosding Seminar 85–90.
Umami, Zahrotul. 2015. “Social Strategy Pada Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta.†INTERAKSI: Jurnal Ilmu Komunikasi 4(2):195–201.
Refbacks
- There are currently no refbacks.