PENGELOLAAN PERMINTAAN DAN KAPASITAS PRODUKSI PADA UMKM BEST MART DI KOTA BATAM

(1) * Andryanto Andryanto Mail (Prodi Manajemen, Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas Internasional Batam, Indonesia)
(2) Cindy Valentina Mail (Prodi Manajemen, Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas Internasional Batam, Indonesia)
(3) Rudiyanto Rudiyanto Mail (Prodi Manajemen, Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas Internasional Batam, Indonesia)
(4) Fitriana Aidnilla Sinambela Mail (Prodi Manajemen, Fakultas Bisnis dan Manajemen, Universitas Internasional Batam, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


UMKM Best Mart adalah sebuah toko yang bergerak di usaha perdagangan produk kebutuhan sehari-hari. UMKM ini telah berdiri sejak tahun 2018 yang terletak di Sungai Panas, Kota Batam. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk melakukan analisa pengelolaan permintaan dan kapasitas produksi pada UMKM Best Mart kota Batam. Metode yang digunakan dalam kegiatan analisis adalah metode penelitian deskriptif kualitatif berserta metode wawancara dan observasi secara langsung ke UMKM Best Mart, kemudian data yang diperoleh akan dikembangkan dengan teori yang sudah penulis pelajari di mata kuliah Inovasi Jasa dan Pemasaran. Hasil dan kesimpulan dari analisa adalah sejak Best Mart berdiri pada tahun 2018, mereka pernah mengalami permintaan berlebihan pada tahun 2019, kemudian pada tahun 2020 Best Mart telah mempelajari mengelola kesimbangan antara permintaan dan kapasitas, lalu memasuki tahun 2021 permintaan dan kapasitas Best Mart telah dikelola baik yang dikarenakan telah belajar dari pengalaman sebelumnya. Penulis juga menyarankan Best Mart untuk menggunakan inventory demand using a reservation system. Sistem reservasi yang digunakan oleh Best Mart adalah Instagram dan WhatsApp chat.

Keywords


Best Mart, Pengelolaan, Permintaan, Kapasitas, Reservasi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v9i9.2022.3388-3395
      

Article metrics

10.31604/jips.v9i9.2022.3388-3395 Abstract views : 972 | PDF views : 398

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Fathinah, A. M. (2019). Penentuan harga pokok produksi yang dipengaruhi oleh fluktuasi biaya raw material (studi kasus di cv. Conesta utama surabaya). UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

Hasanah, H. (2020). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hörcher, D., Singh, R., & Graham, D. J. (2022). Social distancing in public transport: mobilising new technologies for demand management under the Covid ‑ 19 crisis. Transportation, 49(2), 735–764. https://doi.org/10.1007/s11116-021-10192-6

Hu, B., Liu, Z., & Fan, S. (2020). A study of the Mechanism of Government Intervention on Excess Capacity Through the Enterprise Overinvestment in China. Global Journal of Emerging Market Economies, 1(21).

Jiang, Y. (2021). Excess Demand, Differentiated Demand and the Development of Private Education in China: Comparative Analysis Based on Statistics. International Journal of Social Science and Education Research, 4(January), 0–8. https://doi.org/10.6918/IJOSSER.202101

Kurniati, C., Maulin, C. Y., Rosmiati, D., Hakiki, D., & Komalawati, D. (2019). SIKLUS BISNIS (KONJUNKTOR), FLUKTUASI PEREKONOMIAN, PERMINTAAN DAN PENAWARAN AGREGATIF, KEBIJAKAN STABILISASI. 105, 1–22.

Nazareta, F., Fitri, I., & Fauziah. (2021). Metode Antrian First In First Out Berbasis Website Pada Sistem Reservasi Gadget. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(4), 1759–1771.

Pandapotan, R., Ringo, S., & Panjaitan, M. (2019). PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGANALISA POLA PERMINTAAN PEMASANGAN CCTV DENGAN MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS STUDY KASUS CV . MITRA JAYA PERKASA. Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer, 3(1), 446–453. https://doi.org/10.30865/komik.v3i1.1627

Tineges, R. (2021). Data Sekunder Adalah Jenis Data Penelitian yang Wajib Diketahui. Dqlab.Id. https://www.dqlab.id/data-sekunder-adalah-jenis-data-penelitian-yang-wajib-diketahui

Wirtz, J., & Christopher H, L. (2022). Services marketing: people, technology, strategy (J. Yulin & L. Ann (eds.); 9th ed.). World Scientific Publishing Co. Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.