(2) Sumardjijati Sumardjijati
(3) Yuli Candrasari
(4) Heidy Arviani
*corresponding author
AbstractPenelitian ini menjelaskan penggunaan gaya bahasa sarkasme netizen dalam kolom komentar tayangan YouTube Deddy Corbuzier bersama Agung Suprio yang berjudul “Gue Wakilkan Ribut Sama Ketua KPI!!! Dari Pelecehan Sampai Saipul Jamilâ€. Gaya bahasa sarkasme merupakan gaya bahasa kasar yang disampaikan penutur untuk meluapkan rasa jengkel, kecewa dan emosi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk serta tujuan bahasa sarkasme yang digunakan oleh netizen dalam kolom komentar tayangan YouTube. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif dan dianalisis menggunakan data sekunder atau studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah bahasa sarkasme yang digunakan oleh netizen terdapat dua bentuk yakni ejekan yang dituliskan secara langsung dan sindiran yang dituliskan secara implisit, serta memiliki tujuan sebagai umpatan dan pemberian informasi. KeywordsComments, Sarcasm, Netizens
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.3127-3138 |
Article metrics10.31604/jips.v9i8.2022.3127-3138 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Aflikhah, A. O. (2012). GAYA BAHASA SARKASME DAN KEKHASAN BAHASA PENULIS PADA JUDUL RUBRIK KRIMINAL DI SURAT KABAR HARIAN METEOR EDISI APRIL 2012. Institutional Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/21067
Arofah, K. (2015). Youtube Sebagai Media Klarifikasi dan Pernyataan Tokoh Politik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 111–123. http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/1442
Bungin, M. B. (2008). Penelitian Kualitatif. Kencana Prenada Media Group.
Emzir. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data (1st ed.). Rajawali Pers.
Irfariati. (2015). Madah Volume 6 , Nomor 2 , Edisi Oktober 2015 Madah Volume 6 , Nomor 2 , Edisi Oktober 2015. Majas Sarkasme Dalam Penulisan Komentar Pada "5 Ironi Akil Mochtar, Ketua MK Yang Ditangkap KPK, 6(Oktober), 163–174. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26499/madah.v6i2.380
Kemp, S. (2021). Digital 2021: Indonesia. https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia
Keraf, G. (2009). Diksi dan Gaya Bahasa. Gramedia.
Kurniawan, D. (2018). Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organism-Response Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 60. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i1.65
Rospitasari, E. (2019). Gaya Bahasa Pada Stand Up Comedy. http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/2499
Sardila, V., Jurusan, D., Komunikasi, I., Dakwah, F., & Riau, U. I. N. S. (2016). ANALISIS SEMIOTIKA PADA TUNJUK AJAR MELAYU DALAM KOMUNIKASI. 27(2), 87–96.
Sari, R. P. (2021). IRONI DAN SARKASME DALAM ALBUM LaFee KARYA LaFee. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/identitaet/issue/view/2345. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/identitaet/article/view/40610
Subhana, F. N. (2021). Analisis Isi Pengguna Bahasa Sarkasme Pada Rubrik Esai Media Daring Mojok . Co [Universitas Islam Negeri Sunan Ampel]. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/45929
Suryaningsih, L. (2021). Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Sarkasme pada Lirik Lagu Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.92
Taringan, H. G. (2009). Pengajaran Gaya Bahasa. Angkasa.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download