PERAN GURU DALAM ASUMSI DAN DIMENSI PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MATERI POKOK MAKNA KEDAULATAN RAKYAT PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 30 SIHEPENG TAHUN PELAJARAN 2021-2022

(1) * Ahmad Husein Nst Mail (Prodi Pendidikan Ekonomi , FKIP Universitas Pendidikan Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Adapaun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada peran guru dalam asumsi dan dimensi perkembangan peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar pada bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan dengan materi pokok kedaulatan rakyat di kelas VIII SMP Muhammadiyah 30 Sihepeng Tahun Pelajaran 2015-2016.?

Sesuai dengan hasil pengolahan data diperoleh 0,998 bila dilihat daftar harga kritik r dengan jumlah responden 33 orang dengan interval kepercayaan 1 % adalah 0,334, dan interval kepercayaan 5 % adalah 0,442. Maka bila diperhatikan nilai yang diperoleh adalah di atas harga kritik r, sehingga hipotesis dapat diterima karena ada peran guru dalam asumsi dan dimensi perkembangan peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar pada bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan dengan materi pokok kedaulatan rakyat di kelas VIII SMP Muhammadiyah 30 Sihepeng Tahun Pelajaran 2015-2016, dimana 0,334 – 0,442  0,998. Kesimpulan bahwa peran guru dalam asumsi dan dimensi perkembangan peserta didik sangat menentukan dalam prestasi belajar peserta didik. Dan saran hendak guru dapat menunjukkan perannya terhadap peserta dalam proses pembelajaran

Keywords


Peran Guru Dalam Asumsi , Dimensi Untuk Meningkatkan Prestasi

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v9i6.2022.2363-2372
      

Article metrics

10.31604/jips.v9i6.2022.2363-2372 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Azwar Saifuddin, 2010, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Arikunto Suharsimi, 2009, Menejemen penelitian.Jakarta PT.Rineka cipta

________________, 2006, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Asrori Mohammad, 2009, Psikologi Pembelajaran, Bandung, Cv.Wacana Prima

Bangsawan LT, 2006, Perkembangan Peserta Didik, Bandung: CV. Citra Praya

Danim Sudarwan, 2010, Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeto

Faisal Sanafiah, 2005, Metode Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional

Gulo W, 2005, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Gramedia

Gunarsa D Singgih dan Ny.Singgih DG, 2009, Psikologi Remaja, Jakarta, PT.BPK.Gunung Mulia

Hamiyah Nur dan Muhammad Jauhar, 2014, Strategi Belajar Mengajar di Kelas, Jakarta: Prestasi Pustaka

Narendra, 2005, Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Natawidjaja Rochman. 2009, Psikologi Pendidikan. Jakarta :CV Mutiara

Purwanto Ngalim, 2004, Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Belajar, Bandung: Remaja Rosdakarya

Poerdaminta W.J.S, 2007, Tehnik Belajar Yang Tepat, Jakarta: Gramedia

Sugiyono, 2010, Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta

________, 2005, Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R & D, Bandung: Alfabeta

Surkhmad Winarno, 2005, Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito

Sundawa Dadang, 2008, Pemdidikan Kewarganegaraan kelas VIII, Jakarta: Pusat Pembukuan Pendidikan Nasional.

Suryabrata Sumadi, 2003, Tehnik Belajar Yang Tepat, Jakarta: Gramedia

Slameto, 2005, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta

Sumantri Sunarya S Jujuy, 2005, Prosedur Penelitian. Jakarta: Tarsito

Sunarto, 2006, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta Rineka Cipta

Sukmadinata Syaodih Nana, 2007, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Gramedia

S Superman, 2010, Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa, Yogyakarta, Pinus Book Publisher

Thantowi Ahmad, 2005, Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: UGM Press

UU RI Nomor 14 Tentang Guru dan Dosen, Tahun 2005

Uno B Hamzah, 2009, Profesi Kependidikan, Jakarta Bumi Aksara

Windradini, 2005, Psikologi Pendidikan. Jakarta :CV Mutiara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.