*corresponding author
AbstractAdapaun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada peran guru dalam asumsi dan dimensi perkembangan peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar pada bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan dengan materi pokok kedaulatan rakyat di kelas VIII SMP Muhammadiyah 30 Sihepeng Tahun Pelajaran 2015-2016.? Sesuai dengan hasil pengolahan data diperoleh 0,998 bila dilihat daftar harga kritik r dengan jumlah responden 33 orang dengan interval kepercayaan 1 % adalah 0,334, dan interval kepercayaan 5 % adalah 0,442. Maka bila diperhatikan nilai yang diperoleh adalah di atas harga kritik r, sehingga hipotesis dapat diterima karena ada peran guru dalam asumsi dan dimensi perkembangan peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar pada bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan dengan materi pokok kedaulatan rakyat di kelas VIII SMP Muhammadiyah 30 Sihepeng Tahun Pelajaran 2015-2016, dimana 0,334 – 0,442  0,998. Kesimpulan bahwa peran guru dalam asumsi dan dimensi perkembangan peserta didik sangat menentukan dalam prestasi belajar peserta didik. Dan saran hendak guru dapat menunjukkan perannya terhadap peserta dalam proses pembelajaranKeywordsPeran Guru Dalam Asumsi , Dimensi Untuk Meningkatkan Prestasi
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v9i6.2022.2363-2372 |
Article metrics10.31604/jips.v9i6.2022.2363-2372 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Azwar Saifuddin, 2010, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Arikunto Suharsimi, 2009, Menejemen penelitian.Jakarta PT.Rineka cipta
________________, 2006, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
Asrori Mohammad, 2009, Psikologi Pembelajaran, Bandung, Cv.Wacana Prima
Bangsawan LT, 2006, Perkembangan Peserta Didik, Bandung: CV. Citra Praya
Danim Sudarwan, 2010, Perkembangan Peserta Didik, Bandung: Alfabeto
Faisal Sanafiah, 2005, Metode Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional
Gulo W, 2005, Metodologi Penelitian, Jakarta: PT. Gramedia
Gunarsa D Singgih dan Ny.Singgih DG, 2009, Psikologi Remaja, Jakarta, PT.BPK.Gunung Mulia
Hamiyah Nur dan Muhammad Jauhar, 2014, Strategi Belajar Mengajar di Kelas, Jakarta: Prestasi Pustaka
Narendra, 2005, Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Natawidjaja Rochman. 2009, Psikologi Pendidikan. Jakarta :CV Mutiara
Purwanto Ngalim, 2004, Prinsip-prinsip dan Tehnik Evaluasi Belajar, Bandung: Remaja Rosdakarya
Poerdaminta W.J.S, 2007, Tehnik Belajar Yang Tepat, Jakarta: Gramedia
Sugiyono, 2010, Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
________, 2005, Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R & D, Bandung: Alfabeta
Surkhmad Winarno, 2005, Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, Bandung: Tarsito
Sundawa Dadang, 2008, Pemdidikan Kewarganegaraan kelas VIII, Jakarta: Pusat Pembukuan Pendidikan Nasional.
Suryabrata Sumadi, 2003, Tehnik Belajar Yang Tepat, Jakarta: Gramedia
Slameto, 2005, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta
Sumantri Sunarya S Jujuy, 2005, Prosedur Penelitian. Jakarta: Tarsito
Sunarto, 2006, Perkembangan Peserta Didik, Jakarta Rineka Cipta
Sukmadinata Syaodih Nana, 2007, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta: Gramedia
S Superman, 2010, Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa, Yogyakarta, Pinus Book Publisher
Thantowi Ahmad, 2005, Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: UGM Press
UU RI Nomor 14 Tentang Guru dan Dosen, Tahun 2005
Uno B Hamzah, 2009, Profesi Kependidikan, Jakarta Bumi Aksara
Windradini, 2005, Psikologi Pendidikan. Jakarta :CV Mutiara
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download