(2) Firdaus Yuni Dharta
(3) Oky Oxcygentri
*corresponding author
AbstractTransaksi secara online kini dipilih sebagai cara baru dalam kegiatan berbelanja. Seiring bertambahnya waktu dan berkembangnya teknologi seperti saat ini membuat tingkat belanja menjadi tinggi hingga sulit membedakan antara untuk memenuhi kebutuhan rasional atau kebutuhan emosional. Penelitian ini dibahas dengan metode kualitatif pendekatan fenomenologi, memiliki tujuan membahas secara mendalam bagaimana fenomena belanja online dikalangan mahasiswa bekasi, berfokus untuk mengungkap apa sebenarnya motif, makna dan pengalaman mahasiswa bekasi dalam melakukan belanja secara online tersebut. Hasil penelitian menjawab bahwa motif mahasiswa bekasi melakukan belanja online dari informasi yang didapat melalui TikTok ada dua, Because motive karena rasa penasaran dalam dirinya dan In Order to Motive untuk pemenuhan kepuasan diri. Makna yang didapat menurut pandangan mereka adalah sebagai bentuk penghargaan atas dirinya, juga sebagai kepuasan emosionalnya. Serta pengalaman yang dialami sejauh ini mengarah kepada hal positif dimana keseluruhannya belum mengalami kekecewaan setelah melakukan belanja dari informasi racun TikTok. KeywordsPembelian online, Mahasiswa, Tayangan, Fenomenologi
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.2862-2868 |
Article metrics10.31604/jips.v9i8.2022.2862-2868 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Danuri, M. (2019). Development and Transformation of Digital Technology. Infokam, XV(II), 116–123.
Dr. Muhammad Farid, M.Sos., D. (2018). Fenomenologi : Dalam Penelitian Ilmu Sosial. In M. Farid (Ed.), Fenomenologi : Dalam Penelitian Ilmu Sosial (p. 4). Kencana.
Dwi Ismi Noviyanti. (2022). Kontruksi Makna Fangirling (Studi Fenomenologi Pada Fan Account Twitter Penggemar IU Di Kalangan followers @_IUINDONESIA), Jurnal um-tapsel, vol 9, 813-814
Kuswarno, E. (2009). Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitiannya. Widya Padjajaran.
Luthan, A. K., & Asmoro Putri, Z. X. (2021). Fenomenologi Aplikasi Tiktok Bagi Usaha Online Marica Farms. Kinesik, 8(2),128–136. https://doi.org/10.22487/ejk.v8i2.153
Nasrullah, D. R. (2015). Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya, Dan Sosioteknologi) (N. S. Nurbaya (ed.)). Simbiosa Rekatama Media.
Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Octaviana, R. (2020). Konsep Konsumerisme Masyarakat Modern dalam Kajian Herbert Marcuse. Jaqfi: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 5(1), 121–133. https://doi.org/10.15575/jaqfi.v5i1.6267
Respi Saputri, A. M. R. dan N. N. (2020). Peran Flash Sale Dalam Memediasi Hubungan Sales Promotion Terhadap Keputusan Belanja Online. Jurnal.Syntax-Idea, 2, 108.
https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/350/334
Rorong, M. J. (2020). Fenomenologi. In Fenomenologi (p. 9). Deepublish.
Setyami, I. (2021). POTRET SOSIAL MASYARAKAT URBAN DI KOTA METROPOLITAN DALAM NOVEL JALAKARYA TITIS BASINO: KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA. Jurnal.Unej.Ac.Id,2. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/SEMIOTIKA/article/view/20162/9955
Stephanie, C. (2021). Jumlah Pengguna Aktif Bulanan TikTok Terungkap. Kompas. https://tekno.kompas.com/read/2021/04/19/14020037/jumlah-pengguna-aktif-bulanan-tiktok-terungkap
Swastika, G. L. D. (2021). Tren Shopee Haul dalam Platform Tiktok: Sebuah Tinjauan Budaya Pop dan Tontonan. Jurnalaspikomjatim, 2, 2. http://www.jurnalaspikomjatim.org/index.php/redaksi/article/view/14
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download