STRATEGI PEMKOT SURABAYA MENGHADAPI COMMUNICATION CHALLENGES DI TENGAH MASYARAKAT SELAMA PADEMI COVID-19

(1) * Putriana Puspitasari Mail (UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia)
(2) Kusnarto Kusnarto Mail (UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia)
(3) Dyva Claretta Mail (UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia)
(4) Herlina Suksmawati Mail (UPN Veteran Jawa Timur, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Covid-19 secara tidak langsung memicu munculnya communication challenges yakni information overload, information uncertainty, dan misinformation. Pengabaian terhadap tantangan tersebut hanya akan memperparah kondisi krisis seperti yang dialami Iran ketika ratusan warganya meninggal akibat penyalahgunaan alkohol ataupun rusaknya menara jaringan 5G di Inggris. Oleh karena itu tantangan ini perlu diatasi pemerintah selaku pemangku kebijakan agar penanganan Covid-19 dapat berjalan optimal. Pada penelitian ini peneliti hendak mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya sebagai kota yang memiliki risiko penularan dan tingkat kebutuhan informasi yang tinggi dalam menghadapi communication challenges di tengah masyarakat selama pandemi Covid-19. Melalui metode penelitian studi kasus dan pengumpulan data berupa wawancara, observasi serta riset kepustakaan peneliti mendapatkan hasil bahwa strategi Pemkot Surabaya melalui 4 fase yakni persiapan, awal krisis, pemeliharaan, dan resolusi. Dimana pada fase persiapan dan resolusi, aktivitas komunikasi pemerintah berfokus pada membangun reputasi dan pengetahuan dasar masyarakat sebagai persiapan menghadapi communication challenges yang akan datang. Sedangkan pada fase awal krisis dan pemeliharaan pemkot fokus mengelola communication challenges yang ada, sehingga hambatan akibat communication challenges dapat diminimalisir dampaknya.

Keywords


Strategi Komunikasi; Communication Challenges; Covid-19; Pemkot Surabaya

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.2852-2861
      

Article metrics

10.31604/jips.v9i8.2022.2852-2861 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Agung, I. M. (2020). Memahami Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Psikologi Sosial. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 68–84. https://doi.org/10.24014/pib.v1i2.9616

Agustina, R. (2020). Strategi Komunikasi BPBD Kabupaten Lombok Utara dalam Upaya Menghadapi Pandemi COVID-19 di Kabupaten Lombok Utara. Universitas Mataram.

Alfianto, R. (2020, April 9). Dituduh Bisa Sebarkan Virus Korona, Menara 5G di Inggris Dibakar Massa. Jawa Pos. https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/teknologi/09/04/2020/dituduh-bisa-sebarkan-virus-korona-menara-5g-di-inggris-dibakar-massa/

Astuti, S., Wahid, A., & Hidayah, N. (2020). Pemetaan Hoaks Semester I 2020. In Mafindo.or.id.

Briseño, L. (2020). CERC Overview for Covid-19. Center for Disease Control and Prevention.

CDC. (2014a). CERC: Crisis Communication Plans.

CDC. (2014b). CERC: Spokesperson.

CDC. (2018a). CERC Community Engagement.

CDC. (2018b). CERC Introduction.

CDC. (2019). CERC: Psychology of a Crisis.

Herdiansyah, H. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial: Perspektif Konvensional dan Kontemporer, Edisi 2 (2 ed.). Penerbit Salemba Humanika.

Iqbal, M. (2020, Juni 3). Zona Hitam Covid-19, Ada Apa dengan Kota Surabaya? CNBC Indonesia.

Kurnia, T. (2020, April 28). Obati Sakit Akibat Corona COVID-19 Pakai Alkohol, 728 Warga Iran Tewas Keracunan - Global Liputan6.com. Liputan6.com.

Lin, D., Friedman, D. B., Qiao, S., Tam, C. C., Li, X., & Li, X. (2020). Information uncertainty: a correlate for acute stress disorder during the COVID-19 outbreak in China. BMC Public Health, 20(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12889-020-09952-3

Nurrohman, N. (2015). Penerapan Strategi Komunikasi Efektif Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Cabang Kota Kediri Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Donatur.

Prindonesa.co. (2020, April 8). Darurat Komunikasi Wabah Corona: Saling Percaya Hadapi Corona. PRINDONESIA.CO.

Pusparisa, Y. (2020, Juli 30). Melacak Penyebab Lonjakan Kasus Corona di Jawa Timur - Analisis Data Katadata. Katadata.co.id. https://katadata.co.id/arsip/analisisdata/5f23e88807580/melacak-penyebab-lonjakan-kasus-corona-di-jawa-timur

Vraga, E. K., Bode, L., & Tully, M. (2020). Creating News Literacy Messages to Enhance Expert Corrections of Misinformation on Twitter. Communication Research. https://doi.org/10.1177/0093650219898094

Vraga, E. K., & Jacobsen, K. H. (2020). Strategies for Effective Health Communication during the Coronavirus Pandemic and Future Emerging Infectious Disease Events. World Medical and Health Policy, 12(3), 233–241. https://doi.org/10.1002/wmh3.359


Refbacks

  • There are currently no refbacks.