(2) Luluatu Lulu Nayiroh
(3) Nurkinan Nurkinan
*corresponding author
Abstract.Cipta TV Purwakarta merupakan sebuah perusahaan televisi lokal swasta yang berada di wilayah Purwakarta dengan jangkauan siaran wilayah PURWASUKA. Hadirnya Cipta TV Purwakarta menjadikan persaingan TV lokal di wilayah PURWASUKA semakin berat. Pandemi Covid-19 pun telah membuat banyak perusahaan televisi lokal mengalami penurunan, akan tetapi Cipta TV Purwakarta melakukan berbagai strategi komunikasi agar tetap terus bersaing dan bertahan bereksistensi ditengah pandemi Covid-19 ini. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi TV lokal Cipta TV Purwakarta dalam mempertahankan eksistensinya sebagai stasiun TV lokal dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori ekologi media dikarenakan dalam mempertahankan sebuah eksistensi, sebuah media membutuhkan sumber penunjang yaitu capital atau advertising, content atau isi sebuah media, dan audienceuntuk menjadi target sasaran penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan instrumen wawancara dalam memperoleh data terhadap pihak perusahaan Cipta TV Purwakarta, dilanjutkan dengan instrumen observasi, dan dokumentasi dalam penelitian ini yang bertujuan untuk mengumpulkan dokumen-dokumen yang berpengaruh pada tujuan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam mempertahankan sebuah eksistensi pada stasiun televisi lokal di tengah pandemi Covid-19 ini, Cipta TV Purwakarta menjalankan berbagai strategi komunikasi diantaranya, 1) Melakukan strategi program acara, 2) Pemanfaatan Media Sosial, 3) Melakukan kerja sama dengan kompetitor lainnya, 4) melakukan strategi pemasaran program agar dapat bereksistensi di tengah pandemi Covid-19.  KeywordsStrategi Komunikasi, Eksistensi, Televisi Lokal, Ekologi Media
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v9i8.2022.2829-2840 |
Article metrics10.31604/jips.v9i8.2022.2829-2840 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Atika, Achmad Bayu Chandrabuwono, Novaria Maulina. 2021. Ekologi Media Televisi Swasta Berdasarkan Program Informasi Lokal Di Kalimantan Selatan. Banjarmasin: Universitas Lambung MangkuratAbdul Halik, U. I. N. (UIN) A. M. (2013). KOMUNIKASI MASSA. KOMUNIKASI MASSA, 283. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/338/1/KOMUNIKASI MASSA full.pdf
BPPKI. (2013). Eksistensi Media Lokal Di Era Konvergensi. Observasi, 11(1), 44.
CH59, CiptaTV. (2022, Februari 2). "Cipta TV Sabet Juara III Pasanggiri Siaran Basa Sunda". https://www.youtube.com/watch?v=Sa5XwQ9E24o&ab_channel=CiptaTVCH59, diakses pada tanggal 11 Maret 2022.
CH59, CiptaTV. (2020, Desember 11). “Kapan Siswa Purwakarta Mulai Bersekolah? Cakap-Cakapâ€. https://www.youtube.com/watch?v=YMJ-v1qInis&list=PLnyjsA8pKqlwc8eEWfN5oqtbWKW8i9oF6&ab_channel=CiptaTVCH59,diakses pada tanggal 6 April 2022.
CH59, Cipta =TV. (2021, Agustus 25). “Kasus Pembunuhan Jalan Cagak: Ini KomentarPengacara Istri Muda Yosepâ€. https://www.youtube.com/watch?v=6iDqULtXIwE&t=3s&ab_channel=CiptaTVCH59, diakses pada tanggal 7 April 2022.
Ciptatv59, CiptaTV. (2022, Februari 23). “Cipta TV Sabet Juara III Pasanggiri Siaran Basa Sundaâ€. https://www.instagram.com/p/CaT3yubPR5x/, diakses pada tanggal 11 Maret 2022.
Hermarani, P. A., Made, N., Amanda, R., Agung, I. G., & Suryawati, A. (2015). Strategi Bali TV dalam Mempertahankan Eksistensinya sebagai Stasiun Televisi Lokal di Bali. Strategi Bali TV Dalam Mempertahankan Eksistensinya Sebagai Stasiun Televisi Lokal Di Bali, 1–9.
Herawati, F. A., & Budi HH, S. (2007). Ekologi Media Radio Siaran di Yogyakarta: Kajian Teori Niche terhadap Program Acara Radio Siaran di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Ekologi Media Radio Siaran Di Yogyakarta: Kajian Teori Niche Terhadap Program Acara Radio Siaran Di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 4(2), 107–130. https://doi.org/10.24002/jik.v4i2.222
Istiqomah, E. L. A. (2020). Strategi komunikasi lsm kalyanamitra dalam pemberdayaan perempuan di desa banjaroyo yogyakarta. 1–234.
Kalesaran, O. M. K. N. M. E. R. (2016). PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI SANGGAR SENI VOX ANGELICA Oleh : Oktaviani Margareta Katuuk Nourma Mewengkang Edmon R. Kalesaran Email : margaretaquich@gmail.com Abstrak. PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI SANGGAR SENI VOX ANGELICA Oleh : Oktaviani Margareta Katuuk Nourma Mewengkang Edmon R. Kalesaran Email : Margaretaquich@gmail.Com Abstrak, V(5), 1–10.
KemuningTV. (2017, Juli 27). “Pencuri Satria FU Dibekuk Polisiâ€. https://www.youtube.com/watch?v=s8-bSdIWCrE&ab_channel=KemuningTV, diakses pada tanggal 7 April 2022.
Mahendra, B. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instgram (Sebuah Perspektif Komunikasi). Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instgram (Sebuah Perspektif Komunikasi), 16(01), 151–160. https://publikasi.mercubuana.ac.id/files/journals/16/articles/1649/submission/original/1649-3678-1-SM.pdf
Mustafa, M. (2021). Dampak Covid-19 Pada Industri Siaran Televisi Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Hummanioramaniora, 5(1), 192. https://doi.org/10.31604/jim.v5i1.2021.192-210
Media Center. (2020). "Peran Media Massa Di Era Masyarakat Informasi". Peran Media Massa di Era Masyarakat Informasi - Media Center Provinsi Kalimantan Selatan (kalselprov.go.id), diakses pada tanggal 11 Januari 2022.
Medioq. (2018, April). “Akun Resmi Cipta TVâ€. https://www.medioq.com/ID/Purwakarta/101107118427092/Cipta-TV, diakses pada tanggal 6 April 2022.
Merdeka.com. (2021, Februari 7). “Bisnis TV Lokal Anjlok Diterpa Pandemi Covid-19â€. https://www.merdeka.com/uang/bisnis-media-tv-lokal-anjlok-diterpa-pandemi-covid-19.html, diakses pada tanggal 6 April 2022.
Rudi Setiawan Channel. (2021, November 6). “Polres Karawang Tangkap Pemilik Rumah Makan Padangâ€. https://www.youtube.com/watch?v=XwJKihBY24Y&ab_channel=TVBERITAOFFICIAL2021, diakses pada tanggal 7 April 2022.
Risa Ayuningtyas, M. G. A. (2009). STRATEGI METRO TV: MENGHADAPI PERSAINGAN DI INDUSTRI PERTELEVISIAN NASIONAL (SEBUAH STUDI KASUS). STRATEGI METRO TV: MENGHADAPI PERSAINGAN DI INDUSTRI PERTELEVISIAN NASIONAL (SEBUAH STUDI KASUS), 1, 50–62.
Syafri Peramasdino, S. T. P. (2019). Strategi riau televisi (riau tv) menghadapi persaingan dengan tv nasional untuk tetap eksis sebagai tv lokal 12. STRATEGI RIAU TELEVISI (RIAU TV) MENGHADAPI PERSAINGAN DENGAN TV NASIONAL UNTUK TETAP EKSIS SEBAGAI TV LOKAL, 10.
Syaipudin, L. (2020). Peran Komunikasi Massa Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung). Peran Komunikasi Massa Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung), 2(1), 14–34.
Tadarusman, Y. (2013). Strategi Komunikasi Pt. Republika Penerbit Dalam Mempromosikan Novel Islami. Strategi Komunikasi Pt. Republika Penerbit Dalam Mempromosikan Novel Islami.
Utomo, E. P., & Hafied Cangara, M. I. S. (2013). Strategi Komunikasi Dalam Menyerap Aspirasi Masyarakat Adat Oleh Anggota Dprd Kabupaten Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat. Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(4), 351–360.
VOA. (2020, Mei 30). “Pandemi Corona Ikut Pukul Industri Mediaâ€. https://www.voaindonesia.com/a/pandemi-corona-ikut-pukul-industri-media/5442061.html, diakses pada tanggal 6 April 2022.
VOCASIA. (2021, September 12). “Beginilah Perkembangan Media Massa Di Indonesiaâ€. https://vocasia.id/blog/beginilah-perkembangan-media-massa-di-indonesia/, diakses pada tanggal 6 April 2022.
Wijaya, I. S. (2015). Perencanaan dan Strategi komunikasi dalam kegiatan pembangunan. Jurnal Perencanaan Dan Strategi Komunikasi, XVIII(1), 53–61. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/lentera_journal/article/view/428
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download