ANALISIS PENGARUH KINERJA JALAN TERHADAP KEBERADAAN U – TURN RUAS JALAN VETRAN UTARA KOTA MAKASSAR

(1) * Ahmad Jihad Mail (Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik UMI Makassar, Indonesia)
(2) Lambang Basri Said Mail (Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik UMI Makassar, Indonesia)
(3) Ilham Syafei Mail (Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik UMI Makassar, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Jalan Veteran Utara, menimbulkan potensi terjadinya kemacetan setiap hari pada jam-jam tertentu. Kondisi ini diakibatkan oleh tingginya antrian pada fasilitas putar balik (U-turn). Salah satu pengaruh ketika melakukan gerakan u-turn yaitu terhadap kecepatan kendaraan dimana kendaraan akan melambat atau berhenti. Perlambatan ini akan mempengaruhi arus lalulintas pada arah yang sama. Pada kendaraan tertentu, untuk melakukan gerak u-turn tidak bisa secara langsung melakukan perputaran dikarenakan kondisi kendaraan yang tidak memiliki radius perputaran yang cukup sehingga akan menyebabkan kendaraan lain akan terganggu bahkan berhenti baik dari arah yang sama maupun dari arah yang berlawannyang akan dilalui. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kinerja ruas Jalan Vetran Utara yang ditinjau dari volume arus lalu lintas, kapasitas, dan derajat kejenuhan. Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode MKJI 1997 dengan mengumpulkan data primer, berupa data geometrik jalan, volume lalu lintas dan kecepatan yang diperoleh langsung di lokasi penelitian. Analisis kinerja ruas pada masing- masing ruas yang diteliti memiliki kapasitas yang sama yaitu 2.550 smp/jam, dengan Derajat kejenuhan untuk  ruas Vetran utara ke Vetran Selatan untuk setiap  U – Turn  sebesar 0,39, 0,42 dan 0,66 Sedangkan untuk arah Vetran Utara menuju Mesjid Raya nilai DS setiap U turn Yaitu sebesar 0,66, 0,55 0,76. Untuk Kecepatan Arus bebas memiliki nilai yang sama untuk kedua arah baik dari vetran utara menuju ke vetran selatan maupun arah sebaliknya Vetran utara menujju masjid raya yaitu sebesar 50,73 Km/Jam sedangakn untuk kecepatan rata – rata masing – masing  U-Turn sebesar  7,27 Km/jam, 7,20, 6,47 Km/jam, sedangkan untuk arah Vetran Utara ke mesjdi Raya untuk setiap U Turn sebesar 6,46 km/jam, 6,82 Km/jam 6,06 Km/Jam. Tingkat pelayanan ruas vetran  utara menuju ke vetran selatan untuk setiap U turn adalah Nilai  B, B dan C, sedangkan untuk arah Vetran utara menuju masjid raya Untuk tiap uturn nilai C, C dan D .


Keywords


Kinerja Ruas ; U -Turn;Kapasitas;Derajat Kejenuhan; Kecepatan

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v8i6.2021.1589-1595
      

Article metrics

10.31604/jips.v8i6.2021.1589-1595 Abstract views : 1083 | PDF views : 604

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Anonimus Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan

Anonimus Pedoman Kapasitas Jalan Perkotaan Tahun 2014 Kementerian PUPR

Ahmad Munawar. 2004. Manajemen Lalu Lintas Perkotaan.Yogyakarta :Penerbit Beta Offset

Direktorat Jenderal Bina Marga, (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta 1997:Badan Penerbit Pekerjaan Umum

Direktorat BSLLAK, 1999, Rekayasa Lalu Lintas Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Lalu Lintas di Wilayah Perkotaan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.