(2) Imelda Marini
*corresponding author
AbstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terdapat dalam perkuliahan Busana Kerja pada materi Pakaian Kerja Blus dan Rok dan Pakaian Kerja Model Deux Piece, dimana mahasiswa mengalami kesulitan dalam mengikuti perkuliahan terutama pada saat praktik. Hal ini dikarenakan sumber belajar atau bahan ajar terkait dengan mata kuliah Busana Kerja masih sangat minim. Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berupa modul yang valid serta dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi mahasiswa dalam pembelajaran Busana Kerja. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D), yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk tersebut. Pengembangan modul Busana Kerja dilakukan sesuai dengan prosedur pengembangan 4-D Models yang terdiri dari 4 tahapan, tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Namun untuk tahap penyebaran (disseminate) tidak dapat dilakukan karena keterbatasan peneliti. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada penelitian ini adalah observasi dan angket. Modul ini diuji validitasnya oleh 4 orang validator yang ahli dalam bidang media dan materi. Teknik analisis data menggunakan analisis data validitas yang hasilnya dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil uji validitas terhadap modul Busana Kerja diperoleh skor 87,60% dengan kategori sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa modul ini dikatakan sudah layak dan dapat di uji cobakan sebagai sumber belajar pada mata kuliah Busana kerja untuk mahasiswa Tata Busana jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang
KeywordsBusana Kerja, Modul, Validitas
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v8i3.2021.461-469 |
Article metrics10.31604/jips.v8i3.2021.461-469 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Arifin, Z. (2014) Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Departemen Pendidikan Nasional. (2008) Tentang Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Direktorat.
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional (2008) Tentang Teknik Penyusunan Modul.
Karmila (2015) ‘Pengembangan Modul Pembelajaran Konstruksi Pola Busana di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang.’, Jurnal Home Economics and Tourism. 8(1): 12, X(3), pp. 373–379.
Nasution (2008) Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Riduwan. (2012) Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Jawa Baratt : IKAPI.
Thiagarajan (2012) four D model-model pengembangan perangkat pembelajaran. University of Minnesota.
Trianto. (2009) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta : Kencana Persada Grup.
Yasnidawati (2007) Modul Busana Kerja. Padang: Universitas Negeri Padang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download