PENGARUH BUDAYA POPULER FANATISME TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PEMBELIAN MERCHANDISE PADA KOMUNITAS BLINK JABODETABEK

Dwi Prasetyo, Yanti Tayo, Rastri Kusumaningrum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatuhi pengaruh fanatisme budaya populer terhadap perilaku konsumtif pembelian merchandise. Budaya korea memiliki berbagai macam seperti Film, tayangan drama dan musik yang saat ini disukai oleh banyak orang diseluruh dunia termasuk Indonesia. Group K- pop yang di akui oleh masyarakat global dan memiliki banyak fans diseluruh dunia adalah BLACKPINK Kesuksesan seorang idola tidak lepas dari dukungan oleh seoarang fans yang berperan penting dalam karirnya. Penggemar girl group BLACKPINK memiliki nama panggilan fans yang disebut dengan BLINK. Salah satu sifat yang dimiliki fans adalah fanatisme, Fanatisme adalah perilaku seseorang yang bersifat berlebihan demi mendukung suatu objek contohnya adalah seseorang, agama, pendidikan. Perilaku konsumtif adalah suatu perilaku yang tidak mengutamakan kebutuhan namnun berdasarkan hasrat kemuan dalam diri demi memuaskan keinginan seseorang tersebut. Populasi penelitian ini adalah Komunitas blink jabodetabek yang bejumlah 420 dengan sampel penelitian 200 orang Penambahan drop out digunakan sebagai menimimalisir kejadian data yang tidak valid pada responden sebesar 10%, maka total responden pada penelitian ini adalah 229. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori AIDDA teori ini disebut dengan istilah “ A- A procedure” atau disebut juga dengan istilah From attention to action procedure memiliki arti urutan jenjang  komunikasi untuk tujuan pesan berdasarkan keinginan. Berdasarkan uji t parsial tersebut menggambarkan pengaruh tiga variabel terhadap perilaku konsumtif pembelian merchandise yaitu sub attention, desire dan decision , sedangkan dua sub variabel lainnya yaitu interest dan action tidak memilki pengaruh terhadap perilaku konsumtif pembelian merchandise. Berdasarkan hasil uji F stimulan nilai F hitung 52,016 > F tabel 2,25, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh (X1) Attention, (X2) Interest, (X3) Desire, (X4) Decision, (X5) Action secara simultan terhadap variabel Y Perilaku konsumtif pembelian merchandise pada komunitas blink Jabodetabek.


Keywords


Budaya Populer, Fanatisme, Perilaku Konsumtif.

Full Text:

PDF

References


Arifin, F., & Wandini, S. (2017). PЕNGARUH CЕLЕBRITY WORSHIP TЕRHADAP SIKAP KONSUMЕN.pdf. 50(2), 203–209.

Arina, Y. (2018). Blackpink Bikin Ribuan Produk Kpop Ludes dalam 12 Menit. CNBC INDONESIA. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20181025144150-33-39013/blackpink-bikin-ribuan-produk-kpop-ludes-dalam-12-menit

Budiarto, B. (2004). Brand Equity Ten Strategi Memimpin Pasar. PT Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, O. . (2018). Ilmu Teori dan filsafat komunikasi. Citra aditya Bakri.

Juwita, S. H. (2018). TINGKAT FANATISME PENGGEMAR K-POP DAN KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI. Universitas Negri Yogyakarta, 273, 273–286.

Lynda, H. (2020). BLACKPINK, Lisa Cs Jadi “Ratu” Billboard AS. CNBC INDONESIA. https://www.cnbcindonesia.com/news/20201209080728-4-207836/daebak-blackpink-lisa-cs-jadi-ratu-billboard-as

Nisrina, D., Widodo, I. A., Larassari, I. B., & Rahmaji, F. (2020). Dampak Konsumerisme Budaya Korea (Kpop) Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 78–88. https://doi.org/10.23917/humaniora.v21i1.8085

Puspitasari, W. (2013). Gaya Hidup Penggemar K-Pop (Budaya Korea) Dalam Mengekspresikan Kehidupannya Studi Kasus K-Pop Lovers Di Surakarta The. 1–10.

Ridaryanthi, M. (2014). Bentuk Budaya Populer dan Konstruksi perilaku Konsumen ... Jurnal Visi Komunikasi, 13(01), 87–104.

Rinata, A. R., & Dewi, S. I. (2019). DALAM BERMEDIA SOSIAL DI INSTAGRAM Asfira Rachmad Rinata , Sulih Indra Dewi. Program Komunikasi, Ilmu Tribhuwana, Universitas Malang, Tunggadewi, 8(2), 13–23.

Ruthllianie, J., & Candraningrum, D. A. (2020). Studi tentang Motivasi ARMY Jakarta dalam Membeli Merchandise Idola (Studi Kasus Kaos Uniqlo X BT21). Prologia, 4(1), 128. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6449

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&d. alfabeta.

Suminar, E., & Meiyuntari, T. (2016). Konsep Diri, Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Remaja. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 4(02), 145–152. https://doi.org/10.30996/persona.v4i02.556




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jips.v9i4.2022.992-1002

Article Metrics

Abstract view : 9552 times
PDF - 5270 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.