PELAKSANAAN PELATIHAN KETERAMPILAN DAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS I TANGERANG

(1) * Indra Bagus Angkoso Mail (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Anak merupakan generasi penerus bangsa. oleh karena itu, setiap anak harus mendapatkan pembinaan maupun bimbingan sehingga fisik, mental dan spiritualnya dapat berkembang dengan baik. Dalam proses tumbuh kembang anak menuju dewasa seringkali kita temui terdapat perilaku menyimpang yang dilakukan anak. Perilaku menyimpang yang dilakukan anak dapat menjerumus ke ranah pidana. Hukuman pidana bagi anak adalah keputusan terakhir dalam perjalanan sistem peradilan pidana anak. Anak yang dijatuhi hukuman pidana akan menjalani masa pidananya di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Anak yang menjalani masa pidana di LPKA akan mendapatkan pembinaan untuk membuat anak didik pemasyarakatan  dapat  diterima  kembali  oleh  masyarakat  dan tidak  mengulangi  tindak pidana/residivis. Pembinaaan juga memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki anak agar ketika kembali ke kehidupan masyarakat dapat berperan aktif dan bertanggung jawab. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pelatihan keterampilan dan pengembangan kompetensi anak yang diberikan melalui program pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pelatihan keterampilan dan pengembangan kompetensi yang dilakukan di LPKA Kelas I Tangerang sudah berjalan dengan baik namun masih ditemui hambatan dalam pelaksanaannya.


Keywords


Pelaksanaan, Anak Didik Pemasyarakatan, Pengembangan kompetensi, Pelatihan keterampilan

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v8i3.2021.360-371
      

Article metrics

10.31604/jips.v8i3.2021.360-371 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak, Jurnal Ilmiah, DINAMIKA, Vol. VIII No. 1.

Etikan, I., Musa, S. A., Alkassim, R. S. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling, American Journal of Theoretical and Applied Statistics, Vol.5 No. 1.

Hidayat, M. A., Anwar, A. (2017). Pendidikan Non Formal Dalam Meningkatkan Keterampilan Anak Jalanan, Jurnal Penelitian, EDUDEENA , Vol. 1 No. 1.

Lumbantoruan, R. S., Raharjo, S. T. (2019). Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri Anak Didik LPKA Bandung. Jurnal Penelitian, UNPAD, Vol. 2 No. 1.

Roza, D., Arliman, R. (2018). Peran Pemerintah Daerah Di Dalam Melindungi Hak Anak Di Indoneisa, Jurnal Penelitian, UNDIP, Vol. 47 No. 1.

Sirait, Y. H., Sewu, P. L. S. (2015). Pendidikan Kemandirian dan Keterampilan Bagi Anak Binaan di Lembaga Khusus Pembinaan Anak Sukamiskin. Jurnal Penelitian, UNISBA, Vol. 5 No.1.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Barlian, E. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Padang: Sukabina Press.

Carrell & Kuzmits. (1982). Pelatihan Tenaga Kerja. Jakarta: PT Pradnya.

Mangunhardjana, A. M. (1991). Pembinaan Arti dan Metodenya. Yogyakarta: Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.