MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA PEREMPUAN MINANG YANG MERANTAU

(1) * Rahmi Mariratul Mawaddah Mail (Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia)
(2) Yanladila Yeltas Putra Mail (Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi berwirausaha pada perempuan Minang yang merantau di luar provinsi,yaitu privinsi Sumatera barat. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan teknik pengumpulan data primer dengan observasi dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah 2 orang wirausaha perempuan bersuku Minangkabau yang merantau di luar provinsi Sumatera Barat. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu,motivasi berwirausaha perempuan Minang yang merantau adalah faktor ekonomi dan keinginan untuk mandiri. Kesimpulan dari penelitian yang ditemukan yaitu kedudukan perempuan yang penting sebagai pewaris harta pusaka dan penerus keturunan,dan kehadirannya penting di dalam kaum/suku tidak menghalangi perempuan untuk berkarya dan maju,baik di daerah sendiri maupun tanah perantauan.


Keywords


Motivasi Berwirausaha,Perempuan Minang,Merantau

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v8i1.2021.289-294
      

Article metrics

10.31604/jips.v8i1.2021.289-294 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Borualogo.I.B. (2015). Desain Alat Ukur Motif Merantau pada Tiga Kelompok etnik di Indonesia. MIMBAR, 329-338.

Bungo.N, Nordin.H (2011). Merantau ke Kuala Lumpur:Tradisi Merantau dan Berdagang Masyarakat Minang. Malaysian Journal of Society and Space 7, 116-131.

Bygrave.W, Andrew.Z (2011). Entrepreneurship. In A. Bygrave.W, Entrepreneurship (p. 2). Amerika: George Hoffman.

Cipta.H. (2019). Faktor Determinan Jiwa Berwirausaha Pedagang Minang Perantauan. Society, 252-270.

Frese,M. (2009). Toward a psychology of Entrepreneurship An Action Theory Perspective. Noe The Essense of Knowledge, 435-494.

Hamali,A.Y,Eka.S.B. (2017). Pemahaman kewirausahaan : Strategi mengubah pola pikir orang kantoran menuju pola pikir wirausahawan sukses. Depok: Prenadamedia Group.

Mota.A, Vitor.B,Vanessa.R(2019). Entrepreneurship Motivation : Opportunity and Neccessity. Springer Nature Switzerland, 10.1007/978-3-030-12342-0_8.

Munandar.A.S. (2001). Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: UI.Press.

Nevid.J.S. (2017). Psikologi: Konsepsi dan Aplikasi. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Oktavia.S,Titik.S,Nurmala.P.(2015).Proses Merantau Perempuan Minang di Jakarta. Jurnal Sosiologi Pedesaan, 63-71.

Pardede.E.L,Philip.M,Viktor.A.V. (2020). Internal Migration in Indonesia: new insight from longitudinal data. Asian Population Studies, 287-309.

Prasetyani.D, Nanda.A.P,Indra.H. (2016). Studi Empiris Wirausaha Perempuan di Surakarta : Faktor yang Mempengaruhi Motivasi,Hambatan dan Keberhasilan Usaha. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 119-138 Vol.1(2).

Rahman.H. (2016). Merantau-An Informal Entrepreneneurial Learning Pattern In The Culture of Minangkabau Tribe in Indonesia. DeReMa Jurnal Manajemen, 11 No 1.

Saam.Z, Sri.W. (2014). Psikologi Keperawatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryana, Y. Khatib.B. (2010). Kewirausahaan :pendekatan karakteristik wirausahawan sukses. Jakarta Timur: Prenadamedia Group.

Zukfikarni, Siti.A.L. (2020). Merawat ingatan : Filosofi Marantau di dalam Pantun Minangkabau. Sasdaya, Vol.4 No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.