(2) Yanladila Yeltas Putra
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep mambaok dunsanak ke rantau pada bisnis fotocopy di Kenagarian Atar Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk deskriptif yang menggunakan data primer berupa hasil wawancara. Sujek pada penelitian ini adalah 3 orang perantau yang membuka usaha fotocopy dari Kenagarian Atar. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model interaktif. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Perantau yang berasal dari Kenagarian Atar awalnya dibawa atau ikut dengan kerabat, dan setelah sukses mereka mendatangkan keluarga, sanak saudara atau teman dekat satu daerah asal dengan mereka. Para Perantau yang sukses mampu menginspirasi para kerabatnya di kampung halaman. Hal ini lah yang membentuk pola merantau yang sama setelahnya hingga saat ini yaitu membuka usaha fotocopi. KeywordsEntrepreneur, Dunsanak, Merantau
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v8i1.2021.271-276 |
Article metrics10.31604/jips.v8i1.2021.271-276 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text Download
|
References
Pendidikan Kewirausahaan. Tanggerang Selatan (ID): Universitas Terbuka.
Emilia, S. N., Bahardur, I., & Samsiarni. (2016). Tradisi Merantau Masyarakat Minangkabau dalam Kumpulan Cerpen Pengantin Subuh Karya Zelfeni Wimra. STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang.
Hamali, A., Y. Budihastuti, E., S. (2017). Pemahaman Kewirausahaan: Strategi Mengubah Pola Pikir "Orang Kantoran" Menuju Pola Pikir "Wirausahawan" Sukses. Depok : Kencana
Hastuti, P. C., Thoyib, A., Troena, E. A., Setiawan, M. (2015). The Minang Entrepreneur Characteristic. Procedia - Social and Behavioral Sciences 211 , 819 – 826
Hisrich, R. D. (2005). Entrepreneurship education and research. Wiesbaden, Germany: Deutsche University Press.
Hudijana, J. d. (2017). Teori Psikologi Sosial Kontemporer. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kudlats, Jerry & McDowell, William C. & Mahto, Raj V., 2019. "Unrelated but together: Trust and intergroup relations in multi-family businesses," Journal of Business Research, Elsevier, vol. 101(C), pages 750-756.
Myers, M. D. (2009) Qualitative Research in Business and management. London. Sage Publications Ltd.
Morrison, A. (2000). Entrepreneurship: what triggers it? International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 6(2), 59–71.
Prasetyani, D. (2020). Kewirausahaan Islami. Surakarta . CV. Djiwa Amarta.
Sadzali, S. M., Anra, A., Putra, B. A. (2019). Menjadi Minangkabau di Dunia Melayu Kerinci : Identifikasi Akulturasi Budaya Minangkabau di KerinciDitinjau dari Tinggalan Arkeologi dan Sejarah. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 03(02), 276-293
Sutanto, O., Nurrachman, N. (2018). Makna Kewirausahaan pada Etnis Jawa, Minang, dan Tionghoa : Sebuah Studi Representasi Sosial. Jurnal Psikologi Ulayat, 5(1), 86-108
Sarwono, S. W. (2014). Psikologi Lintas Budaya. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Oktavia S., Sumarti T., & Pandjaitan, N. K. (2015). Proses Merantau Perempuan Minangkabau di Jakarta. Sodality : Jurnal Sosiologi Pedesaan, 3(1), 63-71 dan Tionghoa : Sebuah Studi Represintasi Sosial. Jurnal Psikologi Ulayat 5(1), 86-108
Yulanda, N. (2015). Pengaruh Nilai Budaya Bisnis Pada Masyarakat Minangkabau Terhadap Perilaku Kewirausahaan Pedagang Perantau. Journal of Applied Business and Economics, 2(1), 95-108.
Refbacks
- There are currently no refbacks.






Download