PENERAPAN MARKETING MIX 5P DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM: STUDI KASUS TOKO ASWIN SIKUMBANG DI MANDAILING

(1) * Abdul Halim Harahap Mail (Universitas Islam Negri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
(2) Arbanur Rasyid Mail (Universitas Islam Negri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan etika bisnis Islam dalam strategi bauran pemasaran 5P pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dengan studi kasus Toko Aswin Sikumbang di Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan pengumpulan data melalui observasi langsung dan wawancara semi-terstruktur dengan pemilik serta lima pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Toko Aswin Sikumbang secara konsisten mengintegrasikan prinsip etika Islam dalam seluruh dimensi bauran pemasaran: produk (menjamin barang halal dan berkualitas), harga (menerapkan penetapan harga yang adil dan transparan), lokasi (memilih tempat yang mudah diakses dan sesuai dengan norma sosial), promosi (membangun kepercayaan melalui komunikasi jujur dan pendekatan relasional), serta sumber daya manusia (menjunjung integritas, empati, dan profesionalitas dalam pengelolaan SDM). Kesesuaian dengan etika Islam ini tidak hanya memperkuat strategi pemasaran, tetapi juga menumbuhkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan yang mendalam, meningkatkan keberlanjutan dan daya saing bisnis. Studi ini menyimpulkan bahwa integrasi etika bisnis Islam ke dalam praktik pemasaran dapat menjadi kerangka kerja bermakna bagi UMKM untuk beroperasi secara etis dan meraih kesuksesan jangka panjang dalam konteks masyarakat Muslim.


Keywords


Etika bisnis Islam, bauran pemasaran, UMKM.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v12i11.2025.4536-4543
      

Article metrics

10.31604/jips.v12i11.2025.4536-4543 Abstract views : 0

   

Cite

   

References


Azhar, H. (2022). Analisis Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Pengiriman Barang dan Jasa Ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Economic Reviews Journal. 1(2): 96–108.

Balaka, M. Y. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif. 1: 130.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Tapanuli Tengah. (2024). Tapanuli Tengah dalam Angka 2024. BPS Kabupaten Tapanuli Tengah.

Deny, S. (2024). UMKM Bakal Tembus 83,3 Juta Pelaku di 2024. Liputan6.com. Diunduh di https://www.liputan6.com/bisnis/read/5502640/umkm-bakal-tembus-833-juta-pelaku-di-2024?page=3 tanggal 15 November 2024.

Eva Andriani, Mubarok Al Jauhari, M. A., Syovinatus Sholicha, & Arifatul Ma'ani. (2023). Maqashid Sharia, Business Ethics and Sharia Economic Transactions (A Review of the Hadith of the Prophet Muhammad). International Journal of Economics (IJEC). 2(1): 135–142.

Jasafat, Rusnawati, Furqany, S., & Sabirin. (2021). Islamic Digital Marketing Assistance Model of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in Banda Aceh City, Indonesia. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah. 27(1): 113–146.

Jazilinni', N. (2022). Analisis Strategi Marketing Mix dalam Perspektif Ekonomi Syariah UMKM Hasma Jaya Lestari. Nomicpedia: Journal of Economics and Business Innovation. 1(1): 18–32.

Kautsar, H. F., Thantawi, T. R., & Fadilah, H. (2023). Perspektif Ekonomi dan Bisnis Islam Analisis Strategi Teori Bauran Pemasaran pada Bisnis Kuliner Cafe Kopi Tubing di Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor. Sahid Business Journal. 3(1): 57–92.

Lestari, W., Musyahidah, S., & Istiqamah, R. (2019). Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Usaha Percetakan pada CV. Tinta Kaili dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam. 1(1): 63–84.

Masruroh, U., Harahap, H. J., & Nasution, E. E. (2024). Penerapan Etika Bisnis Islam pada Café Dedy di Trans Pir Unit 3 dalam Perspektif Ekonomi Islam. Muqaddimah: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis. 2(1): 12–20.

Silaningsih, E., & Utami, P. (2018). Pengaruh Marketing Mix terhadap Minat Beli Konsumen pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora. 9(2): 144–154.

Siregar, F. R., & Imsar, I. (2022). Implementasi Marketing Mix dalam Meningkatkan Konsumen pada Cafe Hidden Tea (Perspektif Etika Bisnis Islam). Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(3): 16363–16370.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008. (2008). *Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah*. 1: 5–6.

Wahyuni, A., Permata, S., Hardiyanti, R., Salfianur, & Abidin, Z. (2024). Implementasi Etika Bisnis Islam terhadap Pelaku UMKM dalam Promosi melalui Digital Marketing di Sinjai. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. 6(1): 113–122.

Wasito, Rusmana, S. C., Baihaqi, M. I., & Kautsar, D. M. (2022). Sustainable Development of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs). Journal of Sustainable Development. 10(2): 347–358.

Zahrah, A., Mandey, S. L., & Mangantar, M. (2021). Analisis Marketing Mix terhadap Volume Penjualan pada UMKM RM. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 9(4): 216–226.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.