(2) Desi Astuti
*corresponding author
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana konten video makanan, rating pelanggan, dan informasi harga yang ditampilkan dalam caption media sosial mampu memengaruhi keputusan pembelian masyarakat di Desa Klambir V.penelitian ini di lakukan di desa klambir lima dengan populasi 30 responden para pelaku UMKM yang menggunakan platform di gital atau e-commerce.penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang merujuk pada model smart PLS, dari hasil yang di dapat dalam melaksankan penelitian ini, kita melihat hasil data yang di berikan bahwa dengan uji validitas dinyatakan valid ada beberapa indikator yang di hilangkan karena data terbut masih belum masuk pada hasil data smart PLS, Nilai dari AVE masing masing variabel adalah informasi harga (0,802), Konten video (0.550), Rating Pelanggan (0,768) dan Keputusan Pembelian (0,787) dan ke 4 variabel tersebut memiliki nilai lebih besar dari > 0,50, nilai chronbach alpha untuk variabel informasi harga 0,896, konten video 0,818 dan rating pelanggan 0,713 serta variabel keputusan pembelian 0,831 memiliki nilai > dari 0,70. KeywordsKonten, Rating, Informasi, Keputusan Pembelian
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v12i11.2025.2544-2552 |
Article metrics10.31604/jips.v12i11.2025.2544-2552 Abstract views : 0 |
Cite |
References
Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2012). Consumer behavior (10th ed.). Cengage Learning.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer behavior (10th ed.). Pearson.
Rompis, Z. F., Wenas, R. S., & Moniharapon, S. (2024). Pengaruh Digital Marketing dan Keunggulan Bersaing terhadap Keputusan Pembelian UMKM Kuliner Kecamatan Sonder. Jurnal EMBA, 12(1).
Wiliana, E., & Purwaningsih, N. (2022). Pengaruh Digital Marketing dan Influencer Terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Kuliner di Kota Tangerang. MAMEN: Jurnal Manajemen, 1(3), 264–273
Harita, G. R. S., & Sarma, M. (2015). Pengaruh Sikap Konsumen Pada Online Video Advertising “Nikmati Oreo Sesukamu” Pada Situs YouTube Terhadap Keputusan Pembelian. IPB Repository
Riyadi & Kuwatno. (2024). Pengaruh Digital Marketing, Label Halal, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada UMKM di Kabupaten Kendal. Jurnal Ekonomika dan Bisnis.
Ihsanul Kamil, Ismail Yusuf, & Nizza Nadya Rachmani. (2025). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada UMKM Kerupuk Mekar Sari Jatibening. Jurnal Minfo Polgan, 14(2).
Adeta Fajar Mulya, Iik Claudia Firmandah, & Novita Ayu Anggraini. (2023). The Influence of Viral Marketing and Online Reviews for UMKM Businesses on TikTok Users’ Purchase Decisions (Studi Kasus pada Bakso Cak Pitung Sidoarjo). TALI JAGAD Journal.
Ario, F., Harianto, H., & Harahap, R. (2023). Analisis Perilaku Pekerja Informal Dan Platform Digital Terhadap Kepuasan Jasa Layanan Daring (Studi Kasus Layanan Daring Pada Desa Kelambir V). NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(3), 1593-1600.
Diana, Y., Rahayu, S., Arnita, V., & Pesch, M. A. (2025, June). Healthy Noodle Product Training and Digital Marketing to Increase the Income of The Community in Lengau Seprang Village Tanjung Morawa District. In International Conference Epicentrum of Economic Global Framework (pp. 693-698).
Surya, E. D., Aditi, B., & Saragih, M. G. (2020). The Effect of Experiential Marketing on Customer Loyalty with Satisfaction as an Intervening Variables. Enrichment: Journal of Management, 11(1, Novembe), 103-108.
Nasution, M. D. T. P., Rossanty, Y., Harahap, R., & Tanjung, A. R. (2024). How Ambidextrous Marketing Capabilities Mediate the Impact of Market Knowledge Breadth on Innovation Performance: A Conceptual Model. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan, 5(4).
Astuti, D., Istiqomah, N. K., Kuncoro, M. N., & Ratiara, N. (2024, September). Application of Product Innovation, Digital Marketing and Product Quality to Competitive Advantage in SMEs in the Village of Pari City, Serdang Bedagai Regency. In Proceeding of International Conference on Artificial Intelligence, Navigation, Engineering, and Aviation Technology (ICANEAT) (Vol. 1, No. 1, pp. 377-381).
Indrawan, M. I., Fikri, R. A., & Surya, E. D. (2024, August). Analysis of Lecturer’s Professional Competencies and Lecture Facilities on Lecturer Performance Through the Learning Process in The Digital Era at University of Pembangunan Panca Budi. In 1St International Conference Epicentrum of Economic Global Framework (Vol. 1, No. 1, pp. 937-947).
Refbacks
- There are currently no refbacks.





