KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DINAS PARIWISATA KABUPATEN WONOSOBO DALAM PENGUAT BRANDING ATRAKSI JAVA BALLOON

(1) * Listya Wahyu Hidayat Mail (Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia)
(2) Popi Andiyansari Mail (Universitas Teknologi Yogyakarta, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Transformasi digital mengubah cara pemerintah daerah mempromosikan pariwisata budaya. Atraksi Java Balloon yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo menjadi upaya inovatif dalam memadukan tradisi lokal dengan strategi komunikasi pemasaran digital modern. Penelitian ini bertujuan menggambarkan bagaimana komunikasi digital dan pemasaran terpadu digunakan untuk memperkuat branding destinasi Wonosobo melalui kegiatan budaya tahunan tersebut. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menganalisis situs web resmi pemerintah, konten media sosial, serta pemberitaan media nasional. Hasil menunjukkan bahwa strategi komunikasi digital dijalankan melalui kolaborasi lintas kanal antara akun resmi pemerintah, influencer, dan media massa seperti Kompas TV. Penggunaan tema “Creative, Culture, Beauty” secara konsisten dan inovasi sistem balon bertali memperkuat citra Wonosobo sebagai destinasi yang aman, kreatif, dan kaya budaya. 


Keywords


komunikasi pemasaran digital, komunikasi pemasaran terpadu, destination branding

   

DOI

https://doi.org/10.31604/jips.v12i11.2025.4475-4484
      

Article metrics

10.31604/jips.v12i11.2025.4475-4484 Abstract views : 0 | PDF views : 0

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Aaker, J. (2015). Brand authenticity and emotional connection in destination marketing. Journal of Brand Management, 22(5), 395–412. https://doi.org/10.1057/bm.2015.15

Annur, C. M. (2023, Januari 25). Indonesia Jadi Negara ke-4 dengan Pengguna Instagram Terbanyak. Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/01/25

APJII. (2023). Laporan Survei Internet Indonesia 2023: Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet di Indonesia. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Azmi, N., Putra, M., & Rahman, D. (2025). Integrated marketing communication in tourism promotion: A post-pandemic perspective. Jurnal Komunikasi dan Pariwisata Digital,7(1),44–58. https://doi.org/10.31002/jkpd.v7i1.523

Camilleri, M. A., & Kozak, M. (2022). The digital transformation of destination marketing: Social media engagement and brand storytelling. Tourism Management Perspectives, 43(3)100983. https://doi.org/10.1016/j.tmp.2022.100983

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo. (2025, July 1). Java Balloon Attraction 2025: Perayaan Dua Abad Wonosobo dengan

Atraksi Balon Udara Spektakuler. https://disparbud.wonosobokab.go.id/news-detail/java-balloon-attraction-2025-perayaan-dua-abad-wonosobo-dengan-atraksi-balon-udara-spektakuler

Heni Susila Wardoyo. (2025, July 7). Tradisi Balon Udara Wonosobo Resmi Diakui, Java Balloon Attraction 2025 Sukses Digelar. Website Pemerintah Kabupaten Wonosobo. https://website.wonosobokab.go.id/news-detail/tradisi-balon-udara-wonosobo-resmi-diakui-java-balloon-attraction-2025-sukses-digelar

Jawa Tengah Province Government. (2024, July 29). Java Balloon Attraction 2024 Hadir Kembali di Wonosobo. Visit Jawa Tengah. https://visitjawatengah.jatengprov.go.id/id/artikel/java-balloon-attraction-2024-hadir-kembali-di-wonosobo

Keke, M., & Trisakti, R. (2015). Digital Marketing Communication Strategy for Local Tourism Promotion. International Journal of Marketing Studies, 7(3), 22–29. https://doi.org/10.5539/ijms.v7n3p22

Kompas TV. (2025, July 6). Wow! 36 Balon Udara Hiasi Langit Wonosobo di Java Balloon Attraction 2025 | Kompas Siang [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=KFJff0MPmVA

Kusuma, A. M., & Sugandi, M. (2018). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran Digital. Jurnal Komunikasi dan Informasi, 9(2), 101–110.

Mastika, M. P., & Nimran, U. (2020). Destination Branding: Local Wisdom as a Competitive Advantage in Tourism. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 22(1), 11–20. https://doi.org/10.9744/jmk.22.1.11–20

Purwitasari, N. D. (2019). Integrated Message Strategy in Digital Marketing Communication. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 45–56. https://doi.org/10.24002/jik.v16i1.2291

Sucipto, A., & Yahya, R. (2022). Digital marketing communication effectiveness: Creativity, analytics, and audience interaction. Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 6(2), 134–142.

Wicakso, A. D., & Urfan, N. F. (2024). Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran pada Program Java Balloon Attraction 2022 oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi, 5(3), 2201–2215.

Wonosobo Regency Government. (2024, August 5). Java Balloon Attraction 2024 Sukses Digelar, Puluhan Ribu Orang Asyik Berswafoto untuk Mengabadikan Momen. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo. https://disparbud.wonosobokab.go.id/news-detail/java-balloon-attraction-2024-succes-digelar-puluhan-ribu-orang-asyik-berswafoto-untuk-mengabadikan-momen

@aguswibowo.04. (2025, April 1). Salah satu peserta dari negara Brazil sedang mengisi tekanan udara... [Instagram Reels]. Instagram. https://www.instagram.com/reel/DH4y-_PPDfn

@hey_ikaa. (2025, July 1). Java Balloon Attraction 2025 kembali hadir! [Instagram Reels].Instagram. https://www.instagram.com/reel/DLj6VIQRK8j


Refbacks

  • There are currently no refbacks.