
(2) Rosramadhana Rosramadhana

*corresponding author
AbstractPenelitian ini berjudul “Pesona Figur Perempuan sebagai Strategi dalam Menarik Pembelian Konsumen di Kecamatan Pancur Batu kabupaten Deli Serdang” latar belakang penelitian ini diangkat karena melihat fenomena penggunaan figur perempuan dalam strategi pemasaran yang dianggap perempuan mampu meningkatkan minat beli dari konsumen. penelitian ini bertujuan mengetahui faktor – faktor yang melatarbelakangi perempuan dijadikan sebagai objek daya tarik penjualan produk, serta menganalisis bagaimana pesona figur perempuan berperan dalam strategi menarik perhatian konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi mengumpulkan data melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi, dan catatan lapangan yang kemudian dianalisis menggunakan model Spradley melalui analisis domain, taksonomi, dan kompensional. Hasil penenlitian menunjukkan bahwasanya perempuan dijadikan sebagai strategi pemasaran karena dianggap memiliki daya tarik visual, sikap, serta keterampilan komunikasi, yang mampu memciptakan kenyamanan dan kedekatan emsosional dengan konsumen. Teori yang digunakan adalah teori Kapitalisme gender Nancy Fraser yang memperlihatkan bagaimana tubuh perempuan sebagai komoditas ekonomi. KeywordsPesona Figur Perempuan, Strategi Pemasaran, daya tarik
|
DOIhttps://doi.org/10.31604/jips.v12i10.2025.3938-3942 |
Article metrics10.31604/jips.v12i10.2025.3938-3942 Abstract views : 0 | PDF views : 0 |
Cite |
Full Text![]() |
References
fifah, (2024). Mengkaji Ulang Stereotip Gender: Eksplorasi Stereotip Gender dalam Konteks Budaya Matrilineal Minangkabau. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 26(1), 93-104.
Afifah, T. N., Rahma, A. W., & Cholis, Y. T. N. (2020). Eksploitasi Tubuh Wanita dalam Iklan Dolce & Gabbana. Jurnal Audiens, 1(2), 167174.
Ajizah, N., & Khomisah, K. (2021). Aktualisasi Perempuan dalam Ruang Domestik dan Ruang Publik Perspektif Sadar Gender. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 59-73.
Al Hamid, N., & Rumyeni, R. (2024). Pengaruh Girl Group Twice sebagai Brand Ambassador Scarlett Whitening terhadap Keputusan Pembelian Konsumen melalui Mediasi Brand Image. Jurnal Riset Komunikasi, 7(1), 101-113.
Kartika Asih, Aulia "Representasi Perempuan Dalam Meningkatkan Penjualan." Jurnal Studi Gender dan Anak (2019): 33-44.
Bashori, Bashori. "Strategi kompetitif dalam lembaga pendidikan." TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 12.2 (2017): 161-180., B. (2017). Strategi kompetitif dalam lembaga pendidikan. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 161-180.
Bendar, A. (2019). Feminisme dan gerakan Sosial. Al-Wardah: Jurnal Kajian Perempuan, Gender Dan Agama, 13(1), 25-37.
Dalimoenthe, (2021). Sosiologi gender. Bumi Aksara.
Damaris, A., Riyadsyah, K., & Lantang, N. D. H. (2020). Pengaruh Sales Approach, Gender Stereotype, Networking dan Purchase Intention terhadap Sales Performance di PT Intraco Penta Prima Servis. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(03), 105-114.
Dewi & Marhaeni, (2024). Determinan curahan jam kerja sektor publik perempuan pedagang bunga di pasar bunga
Taman Sari. Co-Creation: Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Akuntansi dan Bisnis, 2(4), 159-172.
Dewi, R. (2022). Representasi citra perempuan pada iklan parfum posh hijab chic (Doctoral dissertation, FISIP UNPAS).
Harsanto, P. W. (2017). Imajinasi Berbasis Gender (Penafsiran Atas Model Perempuan Dalam Iklan). INVENSI, 2(2), 49-60.
Hazin, B. I. (2024). Pengertian Strategi. Pengembangan Kurikulum: Teori, Model, dan Praktik, 240.
Ilmi, S., Pawenang, S., & Marwati, F. S. (2020). Pengaruh Choi Siwon sebagai brand ambassador, brand image (citra merek) dan cita rasa terhadap keputusan pembelian Mie Korean Spicy Chicken. Edunomika, 4(1), 103-113.
Iye, R., Susiati, S., & Karim, K. (2020). Citra perempuan dalam iklan sabun Shinzui. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 6(1), 1-7.
Juliansyah, Eris. (2017). Strategi pengembangan sumber daya perusahaan dalam meningkatkan kinerja PDAM Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ekonomak, 3(2), 19-37.
Fraser, Nancy. "Feminisme, kapitalisme og historiens list." Agora 33.2-3 (2016): 110-132.
Mudzakkir, Amin. Feminisme Kritis: Gender dan Kapitalisme dalam Pemikiran Nancy Fraser. Gramedia Pustaka Utama, 2022.
Muktaf, Z. M. (2016). T eknik Penelitian Studi Kasus, Etnografi dan Fenomenologi dalam Metode Kualitatif. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1-5.
Nugroho, Bayu Aji. "Perlawanan perempuan terhadap dominasi patriarki dalam Novel Geni Jora karya Abidah El Khalieqy kajian feminisme psikoanalisis karen horney." Jurnal Sastra Indonesia 8.2 (2019): 148-156.Nurul ‘Afifah, ( 2021). Universitas Islam Negeri Imam Bonjol, Mengkaji Ulang
Stereotip Gender: Eksplorasi Stereotip Gender dalam Konteks Budaya Matrilineal Minangkabau
Prihatiningsih, T., & Mudrikah, I. M. (2020). Representasi Perempuan Dalam Iklan. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 7(2), 115-122.
Evelyn. Mitos Inferioritas Perempuan. Penerbit Independen (PIN), 2019.
Sari, N. P., & Sudarwanto, T. (2022). Pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap minat beli konsumen skincare Ms Glow (studi pada konsumen Ms Glow di Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 25-40.
Sari, S. P. (2020). Strategi meningkatkan penjualan di era digital. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 291-300.
Spradley, J. P. (2017) Metode Etnografi Yogyakarta: Tiara Wancana
Refbacks
- There are currently no refbacks.